Foodcourt Pasar Sleko Kota Madiun, Sudah Ada QRIS

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Sebagai salah satu daerah yang menerapkan konsep Smart City, Kota Madiun, Jawa Timur, terus berupaya memanfaatkan digitalisasi dalam semua lini kehidupan. Terutama penggunaan aplikasi sebaagai media transaksi non tunai.

Langkah inipun tampak dalam kegiatan Pemkot Madiun bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri di Pasar Sleko, Jumat 19 Agustus 2022.

Dalam kegiatan tersebut, mereka meluncurkan program aplikasi QRIS sebagai media transaksi non tunai bagi pedagang pasar.

‘’Di Foodcourt Pasar Sleko ini semuanya lengkap. Pelanggannya juga konsisten. Dengan penggunaan IT ini, harapannya bisa semakin menambah pelanggan yang datang,’’ tutur Walikota Madiun, H. Maidi.

Menurutnya, penggunaan QRIS sebagai media transaksi memudahkan penjual dan pembeli. Sebab, transaksi dilakukan secara non tunai.

‘’Dengan transaksi QRIS, pembeli tidak perlu membawa uang banyak. Cukup ada di HP-nya. Sedangkan, penjual juga aman karena uang hasil berjualan langsung masuk ke rekening,’’ jelasnya.

Lebih lanjut waliota mengatakan, penggunaan QRIS akan diperluas. Tidak hanya bagi pedagang pasar, tapi juga lapak-lapak UMKM dan PKL.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri, Clemen Tratmono Wibowo, mengatakan, QRIS merupakan dompet elektronik untuk mempermudah transaksi di bawah Rp 10 juta.

“Untuk mendapatkannya mudah, pedagang cukup mendaftar ke bank untuk diaktifkan QRIS,’’ kata Wibowo.

Menurutnya, BI menargetkan 15 juta merchant baru pengguna QRIS secara nasional. Sedangkan untuk Jatim, targetnya sebanyak 2,4 juta. Sampai saat ini sudah tercapai 1,6 juta.

Cara menggunakan QRIS pun cukup mudah. Pengguna cukup memiliki salah satu aplikasi pembayaran atau mobile banking. Selain itu, tidak dikenakan biaya administrasi kepada pengguna. Sedangkan, untuk pedagang dikenakan pajak sebesar 0,7 persen.

‘’Ke depannya tentu ada perluasan penggunaan QRIS di Kota Madiun. Sleko memang target kita. Tapi tidak menutup kemungkinan pasar lain akan mengikuti,’’ tandasnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait