GAKTIB Anggota TNI Situbondo, SUB Denpom V/3-5 Gelar Razia

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Puluhan personel gabungan, SUB Denpom V/3-5, Provost Kodim 0823, Provost PLP AD, Provos Marinir dan Propam Polres Situbondo menggelar razia Operasi penegakan disiplin dan tata tertib ( GAKTIB ) dilaksanakan secara serentak di Denpom V/3-5 dan jajarannya dengan sandi “WASPADA WIRA CLURIT” selama dua hari di Wilayah Situbondo.

Sasaran pemeriksaan Razia Gaktib yang digelar Sejak kemarin pagi meliputi, Surat kelengkaoan kendaraan bermotor, Surat identitas yang meliputi Kartu Tanda Anggota (KTA), Surat ijin keluar kesatrian, Perlengkapan TNI/Gamad, Surat ijin memegang Senpi, kendaraan umum yang memakai plat dinas, Striker TNI dan Atribut TNI yang di pakai orang sipil.

“Pelaksanaan Gaktib sesuai dengan Surat Danpomdam V/Brw No R/20/I/2017 tanggal 11 Januari 2017 dan Surat Dandenpom V/3 No ST/02/2017 tanggal 22 Pebruari 2017, kegiatan ini dilaksanakan sepanjang tahun terhitung mulai tanggal 1 Januari – 31 Desember 2017 dan tiap triwulan dilaksanakan evaluasi,”Ucap Dansup Denpom V/3-5 Lettu Cpm Eko Karnawan.

Selain penegakan disiplin, Razia tersebut bertujuan menungkatkan tata tertib serta kepatuhan hukum prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba, dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, peredaran uang palsu, pungutan liar (pungli), penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya.

“Bagi anggota yang melanggar akan dikenakan sanksi tilang, diproses sesuai dengan pelanggaran, Selanjutnya
Akan kami laporkan ke Satuannya dan Komando atas, Untuk yang memakai Striker kami minta untuk Dibuka dan jangan dipakai kembali,”Paparnya.

Upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, yang dilandasi dengan tekad untuk patuh terhadap hukum dan disiplin prajurit, dan mencegah segala bentuk pelanggaran prajurit. Disampaikan bahwa disiplin dan taat hukum bagi prajurit akan berbanding lurus dengan pelaksanaan tugas pokok, prajurit yang disiplin akan dapat melaksanakan tugas pokok dengan maksimal sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada rakyat niscaya rakyat akan cinta dengan prajurit.

“Ada kurang lebih 8 personel yang kita periksa kemarin( Hari ini sedang berlangsung ) , anggota-anggota tersebut berasal dari beberapa satuan TNI yang ada diwilayah situbondo. Namun tidak ditemukan pelanggaran yang prinsip. Hal ini yang kita harapkan, ini membuktikan prajurit TNI diwilayah Kodim 0823 disiplin dan taat hukum,”Pungkasnya.
(JOE).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *