Gencar Sosialisasi Pemilu 2024, Guna Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

  • Whatsapp
Kepala Bakesbangpol Jember sosialisasi Pemilu 2024 (beritalima.com/istimewa)
Kepala Bakesbangpol Jember sosialisasi Pemilu 2024 (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jember gencar melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

Bakesbangpol menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember kali ini, dengan menemui masyarakat di Balai Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Selasa (23/5/2023).

Bacaan Lainnya

“Kata kunci diadakannya sosialisasi ini adalah suksesnya pemilihan umum yang aman, damai, dan harmoni,” kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo.

Menurutnya, partisipasi masyarakat pada Pemilu sebelumnya naik 70 persen dan Pilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2020 mengalami peningkatan.

“Sedangkan pada pemilukada, hanya pada kisaran 55 persen – 60 persen. Untuk itu, hari ini kami mencoba untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Sosialisasi yang telah pihaknya gelar juga beragam. Mulai tatap muka seperti hiburan wayangan, koplo, gowes, maupun jalan sehat.

“Kami akan lakukan sosialisasi secara massif,” tegasnya. Belum lagi, ada peningkatan sekitar 35 persen jumlah TPS. Pada 2020 sebanyak 4.489 TPS, lalu sejumlah 7.706 TPS pada tahun ini.

Pada sisi lain, Bupati melalui OPD terkait juga berupaya untuk mendekatkan masyarakat dengan TPS masing-masing. Yaitu, dengan cara memperbaiki infrastruktur.

“Sembilan bulan bukanlah waktu yang lama untuk membuat acara serupa,” ungkapnya.

Tercatat, total ada sebanyak 35 titik. Sementara itu, puluhan titik sosialisasi itu dinilai menjadi titik dengan partisipasi pemilu yang rendah. “Untuk itu, menjadi prioritas,” lanjutnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait