Geowisata Handal  Gua Tujuh di Kabupaten Pidie

  • Whatsapp

KABUPATEN PIDIE, Beritalima-  Peran dan kedudukan Mahasiswa di tengah Masyarakat dalam menyandang sebuah predikat pendidikan paling tinggi merupakan salah satu upaya yang harus di capai untuk memperoleh legalitas dalam dunia akademik, selain prosesi dalam bidang akademik, Mahasiswa harus menunjukkan kapasitasnya kepada Masyarakat agar dapat membawa perubahan kearah positif.

 

Tim Program Mahasiswa (PKM) program studi Teknik Geologi Universitas Syiah kuala yang diketuai oleh Putri Mutia Hapsari serta beranggotakan empat orang yakni Irvan Patria Yolanda, M. Yasir, T.M. Noefran, dan Raudhatul Jannah melalui kegiatan PKM-M dan civitas akademika fakultas teknik Unsyiah mengadakan pertemuan audensi dengan pemerintah setempat.

 

Pertemuan tersebut terkait pengembang Geowisata gua Tujuh laweung yang digadang gadang sebagai salah satu geowisata terbaik di Aceh, dukungan pun juga dari datang dari wakil bupati pidie dan Dinas pariwisata pemkab pidie.

 

Wakil bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T, mengatakan, perkembangan Ekonomi wisata saat ini sangat pesat ” kami sangat mangapresisi kegiatan mahasiswa teknik Geologi dan Kegiatan Mahasiswa ini sangat membuka mata kita mengenai perkembangan Geowisata yang ada di Kabupaten Pidie.

 

Wisata merupakan salah satu Ekonomi terbaru yang bersifat sangat ramah lingkungan dan dapat menghasilkan peningkatan pendapatan daerah, kami juga mengupayakan meningkat geowisata gua laweung Tujuh  sebagai wisata handal dan maju di kabupaten pidie dan juga  mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan Ekonomi  di Pidie.

 Fadhlullah menambahakan, keterlibatan Masyarakat setempat sangat diperlukan dalam menjaga suasana hingga menjadi manfaat bagi Masyarakat maupun kepuasan wisatawan yang datang dari luar dan di seluruh Pidie.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh kapala dinas pariwisata  Kabupaten pidie Drs Effendi M Si, mengatakan ” Gua Tujuh laweung kami akan menindak lanjuti kegiatan ini dengan membuat web khusus terhadap wisata yang ada di kabupaten Pidie dan mengembangkannya dan juga akan memgupayakan peningkatan sarana wisata lain.

 

Gua tujuh salah satu gua yang di anggapsebagai peninggalan sejarah oleh Masyarakat Daerah Laweung, Gua tersebut ada tujuh Pintu untuk memasuki gua, ketujuh pintu tersebut mempunyai sisi yang berbeda beda, sedangkan lokasi gua itu di Jalan Banda Aceh Medan Km 100 di Desa Laweung kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie.

 

Dia menambahkan Gua tujuh itu dikelilingi dengan Gunung yang menjulang tinggi yang tidak berhutan,atau disebut dengan pergunungan berbatu dan karang, sedangkan untuk memasukuki kawasan tersebut tentu harus berhati hati dikerenakan jalan untuk menuju tempat itu sekarang masih banyak kerusakan.

 

Dengan panorama berbatu dan perbukitan yang tinggi,Gua tujuh terletak diperbatasan sebelah barat. Tepatnya, bebatasan dengan daerah laweung dekat Selatan. siapapun yang menuju ke daerah tesebut bisa melepaskan pandangan ke pesisir pantai laut selatan, Tentu memiliki keindahan tersendiri jika berada di puncak gua tersebut, tutupnya,’’(Aa79)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *