Gerakan Torut Kurangi Konsumtif

  • Whatsapp

Laporan Wartawan Berita Lima : Gede Siwa

TORAJA UTARA,beritalima.com-Pemerintah Kabupaten Toraja Utara upaya mengajak masyarakat mengurangi budaya ketergantungan soal kebutuhan cabe, tomat, serta sayur- sayuran saat ini yang masih ketergantung dari daerah tetangga.

Hal itu membuat Pemerintah Torut secara gencar saat ini melakukan sosialisasi kepada masyarakat gemar menanam cabe, tomat dan sayur-sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

Memasuki hari kedua, kunjungan yang dilakukan oleh Kadis Pertanian, Ir.Daud Pongsapan,M.Si, saat melakukan evaluasi sejumlah kelompok hortikultura di beberapa Kecamatan bersama staf dan Kepala Bidang Dinas Pertanian.

Tim menyisir kelompok tanam cabe lombok katokon di Kecamatan Denpina dan Kecamatan Sopai. Dari kunjungan tersebut, kelompok tanam cabe di Kecamatan Denpina dengan lahan yang menyebar beberapa lokasi kurang lebih luas lahan 3,5 ha.

Bahkan ada kelompok binaan Dinas Pertanian Torut di Kecamatan Denpina siap panen, soal tanam lombok katokon.

Daud, saat memantau langsung di sejumlah kantor cabang Badan Penyuluhan Pertanian (BPP), di beberapa Kecamatan, terkait melihat lebih dekat pembenihan bibit hortikultura seperti bibit cabe, tomat, sayur-sayuran untuk di didistribusikan kepada kelompok tanam cabe.Agar bibit hortikultura cabe, tomat dan sayuran tetap ada ketika warga membutuhkannya.

Kunjungan dilanjut di Kecamatan Sopai, dengan meninjau langsung di kelompok tanam cabe lombok katokon di Lembang Merante, kelompok yang dikoordinir oleh Latif Pongtengko dengan asuhan petugas penyuluhan Muh.Bahman,S.P,tanaman lombok katokon dengan lahan seluas kurang lebih 3,5 ha siap panen dengan tingkat pertumbuhan cukup subur.

Latif sendiri saat memberikan keterangan kepada wartawan berita lima,Sabtu, 14 Juli 2017 terkait usaha dan upayanya membudidayakan tanaman cabe katokon terbilang cukup sukses.

“Membudidayakan tanam ini perlu adanya ketelatenan dan ketekunan merawatnya seperti kita merawat diri sendiri, sehingga cabe katokon mengalami pertumbuhan sangat baik seperti apa yang bapak lihat saat ini,” ujar Latif.

Latif, dari sekian kelompok tanam cabe yang ada di Toraja Utara terbilang cukup berasil dengan bimbingan dari tenaga penyuluh Muh.Bahkan.(Gede Siwa).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *