GIAN Siap Dukung Pemerintah Sosialisakan Empon Empon Untuk Bentengi Virus Corona

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Usai Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus corona yang menjangkit dua warga Indonesia, sontak publik semakin merespon dengan beragam.

Tak sedikit warga memberikan kekhawatiran berlebih sehingga ada yang memborong masker, bahan-bahan pangan.

Tidak hanya itu, yang lebih parah, banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan muncul di media sosial sehingga menimbulkan banyak kegaduhan.

Untuk meredam kegaduhan yang terjadi di tengah masyarakat, Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) Jawa Timur, bersama Gian Pusat melakukan langkah cepat.

Hal itu disampaikan Ketua GIAN Jawa Timur, Moch. Efendi, SH, yang selalu menggikuti perkebangan Virus Corona yang begitu viral di berbagai medsos belakangan ini.

“Kami sebagai penggiat pencegahan narkotika siap untuk membantu pemerintah untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak panik dan akan menginforasikan upaya upaya penangulangan virus Corona di Indonesia,” kata Moch. Efendi, SH, Selasa 3 Maret 2020, malam.

Efendi menambahkan, jika GIAN diberi kepercayaan oleh pemerintah, akan berkoordinasi dengan DPP GIAN pusat, utamanya kepada Ketua Umum GIAN, Guntur Eko Widodo.

“Penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terkait cara menangkal virus tersebut, masyarakat bisa mengkonsumsi obat-obatan herbal yang berasal dari tanaman obat asli Indonesia (empon-empon). Seperti jahe, kunyit, temulawak, hingga sambiloto,” tambahnya.

Menurutnya lagi, empon empon seperti curcumin, kasiatnya tidak hanya menguatkan kekebalan tubuh, tapi juga menangkal virus.

“Ini hanya beberapa contoh saja. Kami yakin dengan organisasi GIAN yang sudah mempunyai jaringan di setiap provinsi, maka akan membantu pemerintah untuk meminimalisir kekhawatiran masyarakat. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait