Gubernur AAL Ikuti PeringatanHUT ke-76 Kemerdekaan Rl di Grahadi

  • Whatsapp

Surabaya, Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., dan perwakilan Taruna AAL mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (17/8).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Rl sebagai Inspektur di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya yang hanya diikuti 40 orang dengan protokol kesehatan ketat.

Bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Jatim Kusnadi yang dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara dan pembacaan doa. Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh 38 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari perwakilan 38 Kabupaten/kota di Jatim.

Setelah pengibaran bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara kepada inspektur bahwa upacara telah dilaksanakan yang dilanjutkan pembubaran pasukan dan gubernur kembali ke mimbar undangan.

Upacara kali ini digelar terbatas karena pandemi covid-19, seperti jumlah undangan yang biasanya mencapai 3.500 orang, namun sekarang hanya 50 orang.

Upacara digelar dua kali, yakni pada pagi hari pengibaran bendera dan penurunan bendera yang akan digelar pada pukul 16.30 WIB, diharapkan seluruh masyarakat dapat mengikuti secara virtual.

Gubernur Jatim pada beberapa kali kesempatan menjelang HUT ke-76 RI selalu berpesan kepada masyarakat agar tak pernah berhenti memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. “Pada masa pandemi ini, dan meski sudah divaksin terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dimana saja,” kata Gubernur Khofifah.

Turut hadir pada kesempatan upacara pengibaran bendera, para pejabat Forkopimda, yaitu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Mohammad Dhofir dan lainnya.

Seusai upacara pengibaran bendera di Grahadi, seluruh pejabat Forkopimda mengikuti prosesi upacara peringatan ke-76 Tahun Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait