Guru PAUD Situbondo Apresiasi Terhadap Bupati Karna Atas Kenaikan Honornya

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat berjabat tangan dengan para guru PAUD. (Bet/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Wacana Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani untuk menaikkan honor guru PAUD tahun 2024 disambut antusias para guru.

Hal itu tergambar dari para guru PAUD yang menyanyikan lagu berisi ucapan terima kasih atas upaya menaikkan honor guru PAUD. Seperti yang dilakukan oleh ratusa guru PAUD di Kecamatan Besuki, pada Selasa (5/9/2023).

“Bapak Bupati yang tercinta. Terimalah salam kami semua. Tuk Bung Karna Luar Biasa. Situbondo tetap berjaya,”.

“Karena programnya bermanfaat untuk kita. Insentif ditambah, anggarannya,” seperti dikutip dalam penggalan lirik yang dinyanyikan oleh Guru PAUD se kecamatan Besuki.

Kholifah, salah seorang guru di TK Besuki, ecamatan Besuki, menerangkan, bahwa pihaknya menyambut dengan senang dan antusias atas rencananya kebijakan ini.

Ia pun berharap rencana ini bisa benar-benar terealisasi di tahun 2024. Yakni berharap bupati bisa berkomitmen dalam pening kesejahteraan para guru PAUD.

“Mudah-mudahan betul-betul terealisasi untuk kesejahteraan guru PAUD semuanya. Mudah-mudahan nantinya Pak Bupati berkomitmen. Menepati janjinya,” jelasnya.

Wanita yang tampil bernyanyi di hadapan bupati saat kunjungan di Kecamatan Besuki itu mengaku, sebenarnya saat ini honor guru PAUD telah naik menjadi Rp 250 ribu per bulan. Dan biasanya diterima setiap tiga bulan sekali.

Honor dengan nominal itu pun disebutnya, telah naik dari sebelumnya yang hanya Rp 150 ribu per bulan.

“2020 naik Rp 150 ribu, setelah itu turun lagi kayaknya itu Rp 100 ribu lagi. Setelah itu kita dinaikkan lagi menjadi Rp 250 ribu,” urainya.

Dalam acara peningkatan kapasitas para guru PAUD, TK, di Kecamatan Besuki tersebut, Bupati Karna Suswandi menyampaikan bahwa akan menaikkan honor para guru PAUD pada tahun 2024 mendatang.

“InsyaAllah di tahun 2024, honor guru PAUD akan kita tingkatkan lagi menjadi Rp 350 ribu,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna itu menerangkan, sebelum itu, pada tahun 2021, pihaknya telah menaikkan honor guru PAUD, menjadi Rp 250 ribu.

Padahal saat itu, kondisi DAU Kabupaten Situbondo tengah mengalami penurunan.

Diterangkannya, pada tahun 2019 DAU kabupaten Situbondo sebesar Rp 831,8 miliar. Kemudian, tahun 2020 DAU Situbondo turun menjadi Rp 753,6 miliar.

“Tahun 2021, masa saya, turun lagi (DAU, red) menjadi Rp 744,9 miliar. Tapi walaupun turun komitmen saya untuk menaikkan honor guru PAUD sudah saya realisasi, jadi Rp 250 ribu,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa jika dibandingkan DAU tahun 2019, maka kenaikan guru PAUD yang dilakukannya tahun 2021 itu menunjukkan komitmen besarnya atas kesejahteraan guru PAUD.

Tak terkecuali, rencana kenaikan honor guru PAUD tahun 2024 mendatang ini.

Untuk informasi, selain melakukan peningkatan kapasitas, Bung Karna juga memberikan bantuan baju batik dari Pengurus Korpri Situbondo untuk guru PAUD.(*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait