beritalima.com

Gus Ipul : Pramuka Maju Karena Dukungan Pimpinan Daerah

  • Whatsapp

Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf yang sekaligus Ketua Kwarda Jatim mengatakan pramuka di Jatim bisa maju karena adannya dukungan dari masing-masing pimpinan daerahnya.

“Selaku pejabat pemerintah kita semua harus ikut andil dalam memajukan dan mengkampanyekan pramuka,” ungkap Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim saat pembukaan Parents Gathering Indonesia Scout Challenge (ISC) 2016, di Gedung Pemuda dan Olahraga (GOR), Kab. Lamongan, Selasa (10/05).

Menurutnya, perlindungan kepada anak-anak bisa dilakukan dengan mengikutsertakan anak pada kegiatan pramuka misalnya melalui event ISC. Sebab Pramuka merupakan pendidikan informal yang programnya mengedepankan pembentukan karakter. “Kegiatan Pramuka, merupakan kegiatan yang dilakukan antara waktu sekolah dan kegiatan rumah, yang tujuannya mengefektifkan waktu luang,” ungkapnya.

Program-program yang dijalankan Pramuka lanjutnya, bertujuan membentuk generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa menjadi generasi yang cerdas, berakhlak, jujur dan terbuka, tangguh dan terampil, serta peduli terhadap sesama. “Cerdas saja tidak cukup, karena ada orang pandai yang melanggar peraturan. Akhlak baik saja juga tidak cukup, karena akan mudah ditipu orang. yang Jadi seorang anak harus menjadi anak yang cerdas, berakhlak, jujur, terbuka, tangguh, terampil, serta peduli pada sesama,” urainya.

Ia menyayangkan, jika masih ada yang beranggapan kalau pramuka itu kuno, ndeso atau ketinggalan jaman. Seperti halnya yang pernah disampaikan oleh bapak presiden RI yang pertama, Bung Karno. Beliau pernah menyerukan kepada pemuda dan anak-anak Indonesia, bahwa semua harus bangga menjadi pramuka Indonesia. “Sekarang belum tentu semua bangga, karena pramuka dianggap ketinggalan, ndeso, kuno. Padahal sesungguhnya pramuka mengajarkan sesuatu yang sangat luar biasa kepada kita terutama adalah mencintai sesama,” pungkasnya.

Parents Gathering yang menghadirkan para orang tua peserta ISC  2016, itu memang diarahkan untuk memberikan parenting kepada para orang tua bagaimana mendidik dan mengasuh dengan cinta. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh kehadiran vokalis Setia Band Charly Van Houten yang merupakan Duta Pramuka Indonesia. (**).

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *