Hari AIDS Sedunia, Dinkes Situbondo Peringati DenganTes HIV Gratis di CFD

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima.com – Ada yang berbeda pada acara kegiatan CAR FRIDAY yang diselenggaran oleh Pemkab Situbondo setiap hari pagi, karena pagi hari ini Dinkes Kabupaten Situbondo menggelar tes HIV gratis dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia.

Dalam acara yang bertemakan “Saya Berani Sehat Tes HIV-Obati-Pertahankan Pengobatan” Dinkes Situbondo juga menghadir seorang penggiat kegiatan peduli HIV/AIDS Ida (39) tak henti menyuarakan kepeduliannya untuk para ODHA. Ida mengaku dulunya malu untuk bergaul dengan orang lain sejak suaminya meninggal dunia karena HIV. Minggu (3/12).

“Saya bersyukur hingga saat ini saya masih bisa bertahan hidup. Ini semua berkat Mukjizat dari sang maha kuasa dan bantuan pengobatan Dinas Kesehatan serta sahabat dari LSM SAR yang selalu memberikan motivasi,”Ujarnya.

Wanita yang mengaku terjangkit virus mematikan atau HIV sejak tahun 2012 karena tertular oleh almarhum suaminya,“Kami minta kepada seluruh masyarakat yang hadir di sini untuk tidak mengucilkan kami karena HIV tak akan menular dengan jabat tangan. HIV bisa menular dengan cara hubungan badan, berganti-ganti pasangan dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Oleh Karena itu, jauhi penyakitnya bukan menjauhi orangnya,”Pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Drs H Abu Bakar Abdi Apt M.Si dalam gelaran acara tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah penyebaran virus Hiv, Berdasarkan data penderita HIV/AIDS di Situbondo meningkat 200 orang per tahunnya dan sudah ditemukan dari berbagai kalangan masyarakat. Tidak hanya orang-orang yang berperilaku beresiko, tapi sudah meluas kepada ibu rumah tangga bahkan ibu-ibu yang sedang hamil.

“Kami gencar mengadakan tes HIV/AIDS gratis untuk masyarakat, mengingat saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo telah mencapai hampir 1000 orang, terhitung mulai tahun 2010 – 2017.

Untuk menarik minat masyarakat untuk hadir Acara juga diisi berbagai kegiatan seperti aksi senam bersama, penyuluhan HIV/AIDS di sepanjang jalan acara CFD, bagi-bagi brosur, dan pengumpulan tanda tangan sebagai bentuk dukungan bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan program pemberantasan HIV/AIDS. serta lawakan pelawak Situbondo.

“Jumlah penderita HIV di Kabupaten Situbondo berkisar 200 orang yang menyerang ibu rumah tangga. Dinkes telah menyediakan obat ARV, memberikan nutrisi tambahan berupa susu dan makanan bergizi kepada penderita HIV. Untuk saat ini, Rumah Sakit Umum dr Abdoer Rahem sudah bisa melayani ibu hamil penderita HIV,” Tukas Abu yang berjanji akan terus berupaya memutus mata rantai penukaran HIV AIDS melalui berbagai sosialisasi kepada masyarakat.

Kegiatan peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia yang dilaksanakan di area Car Free Day tersebut Dinkes Situnondo bekerjasama dengan berbagai elemen seperti lembaga kesehatan, LSM SAR, pelajar, mahasiswa, Kelompok Peduli AIDS, organisasi wanita dan perwakilan dari SKPD juga masyarakat. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *