HKN ke-56, Bagikan 7 Ambulan dan 8 Mesin Serologi di Puskesmas

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima. Com | Momen Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” diperingati dengan gowes bersama Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono serta dinas kesehatan, instansi Polri, Kodim, Kejari dan Pengadilan Negeri serta puluhan warga Sidoarjo. Jum’at, (27/11).

Sambil mengkampanyekan “Jangan Kendor 3 M” Cak Hud sapaan akrab Hudiyono nggowes keliling dengan start pendopo melintasi jalan lingkar barat melewati depan stadion Gelora Delta. Sesampainya di bundaran Taman Pinang Cak Hud bersama peserta gowes lainnya membagikan masker kepada masyarakat yang melintas.

Cak Hud mengingatkan meski Sidoarjo sudah zona kuning penerapan protokol kesehatan (Prokes) tidak boleh kendor.

“Kita jangan sampai kendor 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Meski Sidoarjo sudah zona kuning, karena pengalaman kemarin kita agak kendor, hari libur kemarin ada kenaikan signifikan jumlah kasus positif”, kata Cak Hud.

Peringatan HKN selain dimanfaatkan untuk kampanye Prokes 3 M ke masyarakat luas juga membagikan tujuh mobil ambulance dan delapan mesin serologi.

Dari 26 jumlah puskesmas di Sidoarjo tinggal dua puskesmas saja yang belum ada mobil ambulance.

“Kita pastikan kepada masyarakat kita akan memberikan pendekatan pelayanan. Pemkab sudah merealisasikan memberikan tujuh ambulance standar internasional kepada tujuh puskesmas. Dan ditambah bantuan alat serologi depan mesin. Alat ini kegunaannya seperti alat rapid test tapi lebih akurat hasilnya”, kata Cak Hud.

Cak Hud mempersilahkan masyarakat untuk datang ke puskesmas melakukan cek kondisi tubuhnya karena mesin serologi sudah ada di puskesmas. Delapan puskesmas yang mendapat bantuan mesin serologi jenis Abbot yakni puskesmas Taman, Krian, Waru, Sidoarjo. Sedangkan empat puskesmas lainnya, yakni puskesmas Porong, Sukodono, Tarik dan Wonoayu mendapat bantuan mesin serologi Roche. (Kus).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait