HotIssue :Sepatu Semakin Tinggi Resiko Semakin Besar

oleh -156 views

RobertoNews : High heels antara” cantek vs derita “?
Wanita sekalu ingin menampilkan indah persona anggun jelita di depan orang banyak tanpa nemperhatikan barang yang sedang diemban itu berbahaya bagi kesehatannya!

Di era 60-an kita jarang ada mendengar nenek kita mengeluh :” sakit pinggang,betis sakit, telapak kaki sakit,jari kaki bengkak tak lulus dan sebagainya.
Namum di zaman NOW dengan berbagai fashion modis yang ada keluhan ini setiap hari kedengaran bahkan ada sampai rawat di rumah sakit gara gara memakai sepatu hak tinggi yang dikenal high heels.
Benar sekali, sepatu hak tinggi adalah tren dunia fashion, sepanjang masa jutaan perempuan sangat mencintai sepatu hak tinggi dan memakainya setiap hari baik ke kantor maupun
ke Mall dengan tujuan menunjang penampilan di muka umum agar kelihatan modis dan sexy kadang harus menahan kesakitan diabaikan asal penampilan anggun menawan.

Menggunakan sepatu hak tinggi atau hight heels merupakan keperluan yang tidak dapat dipisahkan untuk sebagian wanita, delapan dari sepuluh wanita merasa tampil percaya diri dengan menggunakan sepatu hak tinggi dengan menggunakan sepatu high heels dapat membuat kaki anda terlihat jenjang dan cantik.


Berdasarkan penelitian terbaru, 90 persen perempuan mengalami masalah pada kakinya setelah memakai sepatu hak tinggi disebut high heels dapat menempatkan penggunanya dalam risiko cedera permanen atas nama fashion.

”Semakin tinggi hak yang dipakai, akan membuat tubuh menjadi miring ke depan.Hingga membuat Anda harus bersandar untuk mengimbanginya. Hal ini dapat membuat tulang panggul Anda keluar dari keselarasan dan menyebabkan kompresi tulang belakang.”
Sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebihan pada bagian kaki depan dan membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu. Dalam jangka panjang, kondisi ini berisiko membuat perubahan postur tubuh yang berujung kepada timbulnya penyakit.
Seperti : Perubahan Postur Saat Mengenakan Sepatu Hak Tinggi!

Mengenakan sepatu berhak tinggi membuat tubuh harus menyesuaikan postur dan menjaga keseimbangan, tubuh bagian bawah yang condong ke depan membuat tubuh bagian atas harus lebih condong ke belakang ketika berjalan, otot-otot fleksor pada pinggul akan bekerja lebih keras untuk menarik tubuh ke depan membuat otot-otot lutut bekerja lebih keras sehingga lutut pun lebih tertekan. Di sisi lain, mengakibatkan perubahan pada punggung yang dalam posisi normal berbentuk kurva S. Kurva ini seharusnya berperan mengurangi tekanan pada tulang belakang.Karena sepatu hak tinggi membuat tulang punggung bagian bawah menjadi lebih lurus untuk menyesuaikan perubahan postur kepala dan tulang punggung bagian tengah.Di samping membatasi pergerakan dan tenaga dari sendi pergelangan kaki, hak tinggi juga membuat lutut tetap bengkok ketika berjalan menyebabkan tulang kering yang tertekan ke dalam berlebih pada lutut bagian dalam.

Sepatu hak tinggi juga meningkatkan risiko cedera pergelangan kaki, karena mengganggu keseimbangan. Semakin tinggi tumit, risiko cedera makin tinggi. Keadaan ini juga membuat sulit untuk berjalan, terutama bagi perempuan yang memiliki tubuh lebih mungil, kaki lebih pendek serta kaki yang lebih kecil, karena harus mengkompensasi tumit yang ekstra tinggi dengan sepatu mereka, ini akan meningkatkan risiko tersandung atau jatuh, menyebabkan strain dan keseleo pada pergelangan kaki

EFEK NEGATIF SEPATU HAK TINGGI :
1.Pengaruh sepatu hak tinggi pada kaki
Menggunakan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan pemendekan otot-otot betis, perataan lengkung kaki yang dapat mengakibatkan masalah postural kronis. Ini akan mempengaruhi struktur tubuh secara normal. Wanita yang memakai sepatu hak tinggi untuk pertama kalinya akan merasakan sakit pada kaki dan kecanggungan saat berjalan. Bahkan kaki terasa lelah setelah beberapa saat. Seiring waktu, sepatu hak tinggi, atau jenis lain dari sepatu dengan jari kaki yang sempit atau runcing dapat menyebabkan :
A. Jempol kaki bengkok (Bunions) ; dapat menyebabkan jempol kaki bengkok dan mengarah ke jari-jari kaki lainnya yang menimbulkan rasa nyeri.
B. Penebalan kulit (Corns) ; terjadi penebalan kulit oleh gesekan berulang terhadap sepatu dan menimbulkan sakit.
C. Perobahan susunan jari tulang (Hammer toe) ; di mana ujung jari kaki, biasanya jari kedua, dipaksa turun oleh sepatu yang dapat mengakibatkan bentuk jari kaki abnormal.
D. Morton’s neuroma ;terjadi cedera pada saraf di pertengahan kaki. Ini akan menyebabkan jaringan di sekitar daerah tersebut menebal, dan dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa.
E. Pump bump disebut Haglund’s deformity, ini adalah pertumbuhan tulang yang terjadi pada tumit sebagai akibat dari tekanan konstan dan gesekan punggung kaku dan tali dari sepatu hak tinggi.
F. .Metatarsalgia adalah jenis peradangan yang menyakitkan, terjadi pada bola mata kaki sebagai akibat dari tekanan berulang pada tulang metatarsal, yang merupakan tulang yang terletak di antara jari-jari kaki dan lengkungan kaki.

2.Pengaruh sepatu hak tinggi terhadapt bentuk tubuh
Memiliki postur tubuh yang tegak, sejajar dan seimbang adalah sangat penting, karena hal ini berhubungan dengan sumsum tulang belakang yang merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Ini berfungsi menjaga keseimbangan serta mendukung dan membantu untuk mempertahankan postur tubuh tegak lurus dan begitu juga punggung bagian bawah, bertindak sebagai pusat tubuh dan membantu Anda untuk berdiri dan berjalan normal.

3.Pengaruh sepatu hak tinggi terhadap bagian belakang tubuh
Sepatu hak tinggi mempengaruhi berat tubuh bagian belakang menyebabkan tulang lumbar (pinggang) merata. Tubuh dipaksa untuk bersandar ke depan, membuat otot-otot pinggul bekerja lebih dari biasanya saat aktif berjalan berakibat pemendekan otot flexo menyebabkan kontraktur (mendatarkan tulang belakang)

4.Pengaruh sepatu hak tinggi terhadap lutut
Sepatu hak tinggi akan mengganggu keselarasan akhirnya wanita yang berjalan dengan lutut tertekuk akan lebih mudah terserang osteoarthritis ( radang tulang lutut )

5.Pengaruh sepatu hak tinggi selama kehamilan
Sepatu hak tinggi selama kehamilan tidak disarankan karena menggangu proses pertumbuhan janin n bisa menyebabkan keguguran.

6.Pengaruh terhadap pergelangan kaki
Stiletto atau sepatu dengan hak tinggi dan lancip adalah yang paling berisiko menyebabkan cedera. Berat tubuh yang bertumpu hanya pada dua ujung lancip tersebut membuat anda berisiko tinggi untuk jatuh dan mengalami keseleo, terutama pada permukaan lantai atau jalan yang licin.

7.Pengaruh terhadap punggung
Mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengubah bentuk tulang belakang dari posisi normal dan menyebabkan sakit punggung bagian bawah.

Diagnosa :
Pemeriksaan dengan X-ray, magnetic resonance imaging (MRI), atau USG dapat digunakan untuk mendeteksi jenis penyakit atau cedera yang terjadi.
Terapi
Efek sqmping yang ditimbulkan harus dilakukan fisioterapi n bila sangat menggangguan postur maupun deformitas tulang dianjurkan konsultasi ke dokter ahli bedah tulang karena obat painkiller tidak bisa menolong efek kesakitan.
Kesimpulan :
1.Ternyata aksesoris tubuh yang satu ini akan menimbulkan pengaruh yang negatif jika anda tidak dapat menempatkan pada waktu yang tepat, sepatu High Heels akan mengakibatkan tekanan yang tinggi pada permukaan telapak kaki anda sehingga akan memicu metatarsalgia yaitu kondisi sakit yang parah atau kram yang ditimbulkan oleh bagian anterior tulang telapak, biasanya anda akan mengalami nyeri pada bagian tumit dan mata kaki. Penggunaan sepatu high heels dalam waktu yang sering dapat menimpulkan masalah pada kaki anda.

2.Menggunakan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan pemendekan otot-otot betis, perataan lengkung kaki yang dapat mengakibatkan masalah postural kronis, kulit menjadi bernoda karena bekas lecet, dan kapalan bahkan balutan high heels dapat membuat jari kaki tergencet dan menjadi lembab menjadi tempat berkembang biak kuman.

3.High heels pun memaksa anda berjalan di pergelangan mata kaki, hingga menyebabkan sakit, nyeri, dan pada akhirnya patah tulang. “Bahkan bisa juga menimbulkan peningkatan keausan pada sendi dan jaringan lunak, sebagai penyebab radang sendi.”

Himbauan :
1.Anda harus mencoba untuk menggunakan tumit pendek dengan ukuran tinggi 1 sampai 2 inci karena hal ini tidak akan menimbulkan banyak masalah.
2.Saat mengenakan sepatu hak tinggi, usahakan agar anda tidak berada dalam posisi berdiri atau berjalan untuk waktu yang lama anda harus lebih banyak berada dalam posisi duduk yang nyaman untuk menghindari tekanan pada kaki anda.
3.Pilihan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memakai sepatu kaki terbuka yang memungkinkan kaki anda dapat melakukan beberapa gerakan untuk relaksasi.
4,Memilih ukuran sepatu yang lebih besar dari biasanya, agar kaki bisa terasa lebih nyaman.
Dengan demikian bahwa memakai sepatu tinggi penampilan anggun n sexy didepan umum namum menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan. Tinggal anda memilih ingin
Penampilan cantek atau resiko yang harus diterima.Ollala Dunia Penuh Warna
Sekilas info, Semoga bermanfaat !
RobertoNews 833《14.2.2020(23.00)》