Hujan lebat picu longsor di Bentaran Kali Sungai Baleha

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritalima.com –
Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan sungai di Desa Baleha Kecamatan Sulabesi Timur Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara meluap, luapan sungai itu terjadi, Sabtu (16/2/2019) sekitar Pukul 04.00 Wit.

Akibat luapan sungai tersebut membuat masyarakat Desa setempat hawatir, sebab tanggul penahan banjir pada sungai itu juga roboh. Selain itu aktifitas warga di kecamatan sulabesi timur juga terhambat, sebab sungai yang luasnya kurang lebih 500 meter itu belum dibangun jembatan penyembrangan oleh pemerintah Kabupaten kepulauan sula, “Banjir ini memang kami hawatir, sebab desa ini pernah dilanda banjir bandang yang mengakibatkan korban jiwa”. Ungkap Akmal Sanaba, salahsatu Warga Baleha.

Menurut Akmal, Meluapnya kali tersebut bukan hanya berpotensi banjir namun peristiwa itu juga memutuskan jalur tranpotasi masyarakat beberapa desa yang berada di Kecamatan Sulabesi Timur diantaranya Desa Baleha, Desa Sama, Desa Fatkauyon dan Desa Wailia. Hingga itu pihaknya berharap Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sula segera mengambil langka cepat dalam penanganan masalah tersebut dengan membangun tanggul penahan banjir pada kali tersebut.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan sula, Misbah Wamnebo yang dihubungi wartawan mengatakan, Pihaknya belum menerima informasi banjir tersebut, meskipun begitu besok pihaknya akan mengutus stafnya untuk mengecek langsung dilapangan, jika memang banjir itu membuat tanggul roboh maka kami akan segera mengambil langka,”Saya belum terima info, nanti besok saya perintahkan tim untuk turun lapangan”. Tutur Misbah.(DS)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *