HUT Kemerdekaan Di Stadion Mandala Disemarakan Atraksi Helikopter

  • Whatsapp

JAYAPURA, Berita lima.com – Ada yang berbeda dari pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (17/8) kemarin.

Selain diselingi acara tambahan seperti, drama dan tarian perjuangan kolosal serta demonstrasi terjun payung dari prajurit Kodam XVI Cenderawasih dan masyarakat, perayaan kali ini ditutup dengan atraksi Helikopter Bell 412 milik TNI AD.

Terasa spesial lagi, sebab heli serbaguna buatan Helicopter Textron ini dikemudikan pilot asal Papua, Mayor Pnb. Anthenius Murip. Atraksi ini pun sontak mendapat atensi dari Gubernur Papua Lukas Enembe bersama rombongan Forkompinda, yang langsung turun ke lapangan Stadion Mandala menaiki heli tersebut.

Sementara perayaan upacara bendera di Stadion Mandala Jayapura, berjalan semarak dan lancar. Bertindak sebagai komanddan upacara, Letkol Maritim Sugeng yang sehari-hari bertugas sebagai Danyon Marhanlan Lantamal X.

Dalam HUT kemerdekaan kali ini juga, menjadi hari yang spesial bagi Melani Teresa Baransano, siswi SMA Negeri 2 Jayapura, yang didaulat menjadi pembawa baki duplikat bendera pusaka merah putih.

Melani terlihat tenang dan penuh percaya diri saat menerima bendera merah putih dari tangan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe.

Selain Melani, petugas pagi pembentang, pengatur tali dan pengerek bendera, yaitu John Cartenz Punja Kreku (siswa SMK 3 Jayapura), Edison Septinus Numberi (siswa SMA Mandala Trikora Jayapura) dan Bobby Asahel Tarkuo (siswa SMA Negeri 1 Jayapura).

Sementara jumlah pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sebanyak 45 orang terdiri dari siswa dan gabungan anggota TNI/Polri. Bertindak sebagai komanda Paskibraka, Lettu Laut (P) Mohamad Ryan Putra.

Sementara peringatan detik – detik Proklamasi ditandai dentuman meriam sebanyak 17 kali dan dibunyikan sirine.

Puncak peringatan detik-detik proklamasi di Papua dimpimpin Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Inspektur Upacara (Irup), dengan pembaca naskah teks Proklamasi oleh Wakil Ketua I DPR Papua Edoardus Kaise dan Pembacaan UUD 1945 oleh Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib. (Carles)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *