Imran Hanafi Atase Kedubes RI untuk Australia Jadi Peserta Kajian Online Covid-19 Digelar Pemuda Muhammadiyah Sulsel

  • Whatsapp
www.beritalima.com

Laporan: Muthmainnah Ahmad
Mahasiswa Semester VI KPI FAI Unismuh Makasaar

MAKASSAR. Atase Pendidikan Kedutaan Besar Indonesia di Australia, Imran Hanafi, jadi salah seorang peserta pada Live Kajian Online, Ibadah Dalam Situasi Wabah Covid-19, Sabtu sore (28/3/2020) di Makassar.

Kajian online ini digelar Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel, menghadirkan nara sumber
Sekertaris Majelis Ulama Tarjih PW Muhammadiyah Sulsel, Dr. Abbas Baco Miro, Lc, MA.

Imran Hanafi yang juga dosen Hubungan Internasional Fisip Unhas ini, pada masanya pernah jadi Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel pada masanya dengan Sekretaris kala itu Iqbal Suhaeb yang kini jadi Pejabat Walikota Makassar.

www.beritalima.com

Dialog ini diikuti 100 peserta berasal dari berbagai kota, ada dari Jakarta, Sidrap, Sinjai, Bantaeng dan daerah lainnya. Bahkan masih banyak peserta ingin join kajian online ini, namun kapasitas peserta di aplikasi zoom tidak mencukupi.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Abbas yang juga Ketua Prodi S1 Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam (KPI FAI) Unismuh Makassar, mengatakan, penyakit Covid-19 atau yang lebih sering disebut Corona ini merupakan ujian sekaligus rahmat dari Allah SWT.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Karena banyak hikmah yang bisa dipetik dari ujian ini, salah satunya adalah, banyaknya waktu yang bisa dihabiskan dirumah bersama keluarga, kata Sarjana Tafsir dan Hadist di Internasional Islamic University Islamabad Pakistan 2002 ini.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dia juga membahas tentang bagaimana memberikan hak-hak jenazah orang Islam yang meninggal karena penyakit Korona ini.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Beliau juga menghimbau jika kemungkinan wabah Korona ini masih berlanjut hingga bulan Ramadhan nanti, agar kita senantiasa menghindari untuk tetap keluar rumah, apabila keadaan masih genting untuk melakukan aktivitas di luar.

www.beritalima.com

Sebab menghindari kemudharatan merupakan sebuah ibadah juga, tandas Magister Ilmu Hadist di Internasional Islami University Islamabad Pakistan 2004 ini.

Terakhir dia mengajak ummat senantiasa memperhatikan petunjuk dan protocol dari pemerintah, agar tidak bertambah korban dari pada wabah covid-19 ini.

Dia juga mengajak agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mengambil hikmah dari ujian yang menimpa saat ini.

Senantiasa berbaik sangka kepada Allah SWT baik dalam keadaan apapun, kata Doktor Hukum Islam PPS-UIN Alauddin Makassar 2014 ini.

www.beritalima.com

Pos terkait