Indonesia Bantu Papua Niugini Dan Afganistan Terkena Bencana Alam

  • Whatsapp
Presiden melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Niugini dan Afganistan

Jakarta, beritalima.com| – Dua negara sahabat, Papua Niugini dan Afganistan, yang dilanda bencana alam longsor dan gempa bumi, mendapat bantuan dari Pemerintah Indonesia. Senin (8/7). Bantuan sekitar 14,5 ton diangkut oleh Pesawat Airbus A330-300 Garuda Indonesia dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Papua Niugini.

Berbagai bantuan kemanusiaan yang dikirim berupa bahan makanan, obat-obatan serta bantuan lainnya bagi masyarakat Papua Nugini yang terdampak bencana tanah longsor. Bantuan ini merupakan inisiasi dari Pemerintah RI melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut secara resmi dilepas Presiden Jokowi. “Perubahan iklim dan pemanasan global telah menimbulkan anomali cuaca, memicu terjadinya berbagai bencana di mana pada tanggal 24 Mei 2024 lalu, telah terjadi bencana tanah longsor dahsyat di Provinsi Enga, Papua Nugini. Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah,” jelas Jokowi.

Sementara Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, “kembali dipercaya untuk turut berpartisipasi dalam mendistribusikan inisiasi bantuan kemanusiaan dari Pemerintah tentunya menjadi momen penuh arti tersendiri bagi kami khususnya dalam merealisasikan dukungan kami untuk menjembatani misi kebangsaan dan wujud solidaritas antarnegara bagi masyarakat Papua Nugini yang saat ini tengah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.”

Sebelumnya, Garuda Indonesia turut terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan dari Indonesia. Diantaranya mengangkut bantuan korban konflik di Palestina dan Sudan, bencana siklon Mocha di Myanmar, masyarakat Turki dan Suriah, serta berbagai bantuan kemanusiaan lainnya.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait