Ingatkan Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Bamoset: Terlebih Pascalebaran

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah dan seluruh pihak agar menjadikan temuan 4.123 pemudik terkonfirmasi positif Covid-19 pada tes acak Operasi Ketupat 2021 sebagai peringatan risiko penularan yang masih tinggi.

Karena itu, ungkap politisi senior Partai Golkar tersebut, pemerintah perlu bergerak cepat dalam mencegah lonjakan kasus aktif Covid-19 terjadi dengan melakukan beberapa upaya.

Upaya dimaksud, ungkap Bamsoet, demikian biasa wakil rakyat dari Dapil VII Provinsi Jawa Tengah ini disapa, antara lain membuat rekayasa dan kesiapan layanan kesehatan jika terjadi lonjakan kasus, melakukan koordinasi antar Satgas mulai dari tingkat nasional sampai tingkat kelurahan/desa serta menerapkan pembatasan mobilitas secara ketat.

Selain itu, pemerintah daerah untuk lebih menggencarkan pengetesan dan penerapan isolasi mandiri guna mencegah lonjakan kasus Covid-19 di daerah, mengingat diketahui banyaknya masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik ke sejumlah daerah.

“Saya minta pemerintah daerah berkordinasi dengan Satgas daerah untuk memastikan pemudik yang teridentifikasi positif Covid-19,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, semalam.

Selain itu, selalu melakukan pemeriksaan acak, dan diawasi secara ketat ketika melakukan isolasi mandiri apabila harus kembali ke daerah asal maupun ke daerah tujuan mudik.

Bamsoet juga mengimbau seluruh daerah untuk bersiap menangani dan menerima lonjakan kasus pasca libur lebaran, mengingat tren mobilitas penduduk nasional menunjukkan kenaikan tujuh hari terakhir ini. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait