Ingin Bekerja Sebagai Admin? Yuk Ketahui Apa Saja Skill yang Dibutuhkan

  • Whatsapp

Tahukah Anda bahwa staff administrasi memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan sebuah perusahaan. Umumnya staff admin bertugas untuk menjalankan segala jenis kegiatan operasional. Tentunya jika Anda mengincar posisi ini ada beberapa skill yang harus dikuasai tidak hanya memiliki CV admin yang bagus saja.

Staff admin memang terkadang dipandang sebelah mata karena tugasnya yang monoton dan tidak menantang. Namun ternyata gaji staff administrasi ini cukup tinggi dan pekerjanya harus memiliki dedikasi serta keterampilan khusus.

 

Namun sebelum Anda melamar menjadi staff admin, sebaiknya Anda buat cv admin yang berkualitas agar dilirik oleh pihak HRD. Tidak heran pekerjaan ini selalu banyak dilirik oleh para job seeker. Apakah Anda adalah salah satunya?

Biasanya staff admin bekerja pada bidang pencatatan, surat menyurat, menyusun serta memasukan data, mengatur agenda, pembukuan, menelpon dan hal-hal yang bersifat teknis lainya untuk mendukung tujuan perusahaan.

Nah tahukah Anda apa saja tanggung jawab yang akan diemban oleh staff admin? Adapun pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh seorang staff admin adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun dan mengumpulkan dokumen perusahaan secara lengkap.
  2. Koordinasi dengan sekretaris atau staff admin dari visi lain jika ada pertemuan atau kegiatan gabungan.
  3. Menyiapkan tiket dan akomodasi lainnya jika ada kegiatan kerja di luar kantor.
  4. Memastikan semua persediaan alat tulis kantor lengkap.

Karena memiliki tugas yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha, maka setiap perusahaan akan mencari kandidat dengan keterampilan ekstra. Nah agar Anda bisa dilirik oleh perusahaan yang diinginkan sebagai staff admin, yuk ketahui terlebih dulu apa saja skill yang dibutuhkan oleh seorang staff admin seperti berikut ini.

6 Skill yang Dibutuhkan oleh Seorang Admin

Menjadi seorang staff admin adalah pekerjaan yang tidak mudah. Anda harus memiliki skill yang potensial karena akan berhubungan langsung dengan keberhasilan perusahaan. Dan berikut ini adalah 6 skill yang harus Anda kuasai jika ingin menjadi seorang admin yang sukses.

  • Merancang Skala Prioritas

Perlu Anda ketahui juga menjadi seorang admin akan dihadapkan pada banyak dokumen yang harus disusun, menginput berbagai jenis data, dan tugas lainnya yang tidak kalah merepotkan. Untuk mengerjakan tumpukan tugas tersebut, maka Anda harus pandai dalam merancang skala prioritas dan rencana kerja harian.

Anda harus paham bagaimana menyusun pekerjaan dari yang paling penting hingga tidak begitu mendesak. Hal ini bertujuan agar semua pekerjaan bisa terselesaikan sesuai jadwal dan tidak ada yang terlewat.

  • Responsif

Menjadi seorang staff admin tidak cukup hanya memiliki keterampilan dalam merencanakan tugas berdasarkan skala prioritas saja. Namun Anda juga harus bisa berinteraksi dengan responsif dan komunikatif. Apalagi bagian admin biasanya akan berhadapan dengan banyak orang sehingga Anda harus memiliki skill komunikasi yang baik.

  • Kontrol Emosi yang Baik

Seperti yang kita ketahui bahwa tugas admin kantor sangat beragam dan kadang membuat mood down. Namun inilah tantangan terberat yang harus Anda jalani. Pasalnya Anda harus tetap profesional dengan mengontrol emosi.

Bahkan di beberapa perusahaan banyak admin yang berhadapan langsung dengan customer serta karyawan lain, sehingga menjaga emosi merupakan keharusan. Memiliki sifat tenang dan sabar merupakan kunci sukses menjadi seorang staff admin.

  • Memiliki Kemampuan Manajemen Pendataan

Admin berkaitan dengan segala dokumen pendataan. Sehingga Anda harus memiliki skill dalam manajemen pendataan dokumen yang baik. Staff admin bertugas untuk mengurutkan dan mengorganisir tumpukan data perusahaan menjadi rapi sehingga nanti saat dibutuhkan dapat diakses dengan mudah.

Tidak hanya itu, Anda juga wajib memiliki skill dalam mengarsipkan data. Perusahaan pastinya memiliki sejumlah data seperti foto atau video, catatan, dan media lainnya. Dan ini adalah tugas seorang staff admin untuk mengarsipkan dokumen tersebut sebagai bukti proses usaha di sebuah perusahaan.

  • Teliti

Baik itu tugas admin online atau offline membutuhkan ketelitian yang tinggi. Pasalnya Anda harus mengecek ratusan data dan peralatan kantor setiap harinya. Staff admin juga wajib memastikan peralatan kantor berfungsi dengan baik dan kelengkapan dokumen secara berkala, baik itu satu minggu ataupun satu bulan sekali.

  • Profesional

Tentunya segala jenis pekerjaan harus dilakukan dengan sikap profesional, tidak terkecuali staff admin. Sebagai admin, Anda akan dipercaya dengan banyak data dan dokumen yang menunjang keberhasilan perusahaan. Tanggung jawab Anda pun tentunya tidak ringan. Anda dituntut untuk bersikap profesional dalam mengerjakan tugas-tugas admin.

Sikap profesional ini seperti tidak mencampur adukan urusan pribadi dan urusan pekerjaan, datang tepat waktu ke kantor, hingga menjalankan tugas dengan baik. Ini merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh semua staff admin.

Nah itulah 6 keterampilan yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang staff admin. Mulailah berlatih kemampuan tersebut agar nantinya dapat memudahkan Anda dalam bekerja.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait