Ini Pesan Bupati Karna Saat Pimpin Upacara Hardiknas

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menjadi Inspektur upacara Hardiknas. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 dengan tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar, Jumat (13/5/2022). Acara tersebut berlangsung di Alun-alun Situbondo.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) RI, Nadiem Makarim.

Menurutnya, kurikulum merdeka terbukti mampu mengurangi hilangnya dampak hilangnya pembelajaran. “Di tahun ketiga ini, kurikulum merdeka sudah diterapkan di sekitar 140 ribu satuan pendidikan yang ada di seluruh Indonesia. Itu berarti ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang lebih baik, menyenangkan dan memerdekakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, para siswa sekarang tidak lagi perlu belajar dengan tes kelulusan nasional. “Karena asesmen nasional yang digunakan sekarang tidak menghukum guru dan murid. Tetapi sebagai referensi mendorong agar guru terus belajar, serta supaya kepada sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif,” tambahnya.

Bupati 55 tahun ini mengungkapkan, program merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus dinikmati oleh semua kalangan. “Kurikulum merdeka ini harus dirasakan oleh anak-anak kita, wali murid, guru dan kepala sekolah,” tukasnya.

Untuk itu, pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini menegaskan, pihaknya secara bertahap terus memenuhi sarana dan prasarana di sekolah untuk mendukung penerapan kurikulum merdeka. “Kita terus berupaya untuk itu. Sehingga perubahan proses belajar mengajar ini bisa dinikmati oleh wali murid, siswa, guru dan kepala sekolah,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, jajaran Forkopimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, serta peserta upacara. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait