Inilah Dedikasi BI Untuk Negeri

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Bank Indonesia KPw Jatim telah menggelar Pengukuhan GenBI Jawa Timur 2017, sekaligus melaunching Buku “GenBI Jawa Timur Menulis: Bank Indonesia Dalam Cerita”. Acara ini digelar di Kantor Perwakilan BI Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Selasa (23/5/2017).

Sebelas Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di Jatim serta seluruh mahasiswa penerima beasiswa BI tahun 2017 se-Jatim hadir di acara yang dibuka Kepala BI KPw Jatim, Difi Ahmad Johansyah, ini.

GenBI (Generasi Baru Indonesia) Provinsi Jatim adalah komunitas penerima Beasiswa BI asal 11 PTN, yaitu Unair Surabaya, ITS Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.

Terus Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Disebutkan, jumlah penerima beasiswa BI se-Jatim tahun ini sebanyak 380 orang dengan total dana yang diberikan mencapai Rp3,6 Milyar,” ungkap Kepala KPw BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah.

Dikatakan, sebagai upaya BI untuk mengembangkan generasi muda melalui komunitas GenBI Jawa Timur telah dilakukan sejumlah kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi softskill maupun aksi sosial di lingkungan masyarakat.

Salah satunya adalah workshop penulisan komunitas GenBI se Jawa Timur sehingga menghasilkan puluhan tulisan opini tentang Bank Indonesia yang dibukukan dalam GenBI Jawa Timur Menulis : Bank Indonesia dalam Cerita.

Buku kedua karya GlenBI Jawa Timur ini mengulas peran dan fungsi Bank Indonesia selaku Bank Sentral, mulai dari pengelolaan uang rupiah, penerapan GNNT, pengenalan Fintech, pengendalian inflasi, pengembangan daerah melalui pemberdayaan UMKM, sampai kontribusi BI terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Beberapa penulis buku ini mengajak para pembaca agar lebih mengenal mata uang rupiah tahun emisi 2016 serta mencintai mata uang Rupiah.

Selain launching buku, BI Jatim bersama GenBI turut melaunching aplikasi GLUE (GenBI Line Up and Experience). GLUE merupakan aplikasi pertama GenBI berbasis android sebagai sarana komunikasi antar GenBI yang dibangun oleh GenBI Jatim dari ITS, Azkaa Khoiruddin dan John Stephanus Peter.

Aplikasi GLUE telah tersedia di playstore dan akan menjadi pilot project pengembangan aplikasi pertama GenBI secara nasional.

Pada sesi motivation talk, Ronald Waas, Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2011-2016, bersama Teguh B. Ariwibowo yang merupakan CEO pinjam.co.I’d, memaparkan pengembangan sistem pembayaran di Indonesia dan aplikasi start up yang semakin menjamur sebagai bagian dari majunya financial technology di Indonesia.

Kedua narasumber pun memberikan motivasi kepada para penerima beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam komunitas GenBI Jawa Timur agar berkontribusi untuk negeri.

Pengukuhan penerima beasiswa Bank Indonesia sebagai GenBI Jawa Timur diwakili oleh sebelas mahasiswa/i yang mewakili masing-masing PTN yang ditandai dengan penyematan pin GenBI Jawa Timur.

Kedepan BI mengharapkan agar penerima beasiswa BI tahun 2017 ini dapat memberikan semangat serta energi dan dedikasi sebagai Generasi Baru Indonesia untuk terlibat di lingkungan, sekaligus menjadi agen komunikasi BI di masyarakat dalam bentuk yang semakin kreatif dan inovatif. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *