Inspektorat Bakamla RI Gelar Wasrik di Manado

  • Whatsapp

Inspektur Badan Keamanan Laut Republik Indonesia Brigadir Jenderal Polisi Drs. Djoko Subroto, S.H., M.M awal triwulan ketiga Tahun Anggaran 2016 memimpin langsung jalannya pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) terhadap pelaksanaan kegiatan pengamanan dan keselamatan laut di wilayah kerja Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (20/07/2016).

Pada hari pertama wasrik yang berlangsung dua hari (19-20 Juli 2016) itu, Brigjen Pol Djoko Subroto beserta Tim Inspektorat Bakamla RI memeriksa sarana dan prasarana gedung, sarana dan prasarana Alat Utama Sistem Keamanan Laut (Alutsiskamla) dan menanyakan aktivitas rutin SDM yang berada di Kantor Kamla Zona Maritim Tengah di Manado, SPKKL Kema, dan SPKKL/GS Manembo-nembo, serta pengecekan langsung kapal patroli  (KN Singa Laut-4082) di Dermaga Umum Bitung.

Menurut Brigjen Pol Djoko Subroto, Wasrik di maksudkan untuk memperbaiki kinerja, dari yang kurang baik untuk menjadi baik, dari yang sudah baik dipertahankan tetap menjadi baik, agar pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang Bakamla RI sejalan dengan amanat Undang-Undang nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan. Dan tercapainya pengamanan dan keselamatan di laut sesuai harapan dalam RPJMN 2025 yang telah ditargetkan pemerintah.” Wasrik juga sebagai cek fisik terkini kondisi kantor dan komponen pendukungnya”, paparnya.

Brigjen Pol Djoko Subroto berharap, wasrik yang tengah dilaksanakan hasilnya berupa temuan atau rekomendasi kepada pimpinan Bakamla agar dalam pelaksanaan tugas, funsi, dan wewenang Bakamla selain terjadi Link And Match antara perencanaan dan pelaksanaan serta pelaporan, tetapi juga agar tidak terjadi penyimpangan etika  bagi pejabat  maupun personel pelaksana kegiatan.

Pada pelaksanaan wasrik hari kedua (20/07/2016) di Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Djoko Subroto dan Tim Inspektorat melaksanakan pemeriksaan terhadap proses pembangunan gedung Pangkalan Kapal dan Pembangunan Alutsiskamla yang tidak bergerak (GMDSS, Radar, VSAT Gyro, GPS) dan Alutsiskamla yang bergerak, yakni kapal patroli  KN Gajah Laut-4804 di Dermaga Serei.

Tim Inspektorat di dermaga Serei melihat kelayakan kapal patroli KN Gajah Laut-4804, kelayakan kapal yang dimaksud meliputi seluruh peralatan pendukung di dalam kapal termasuk alat kenavigasian.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *