Iwan Sabatini: Kembangkan Inovasi Pembelajaran Digital

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Era digital telah melingkupi kehidupan remaja, keluarga, masyarakat dan dunia pendidikan. Masa pandemi Covid 19 menjadi bukti nyata, bagaimana peran digital menjadi sangat penting bagi kita semua.

Ketua Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS), Iwan Sabatini, menyampaikan itu dalam sambutan acara serah terima jabatan dan penyegaran organisasi YBBS, Selasa (31/8/2021).

Menurut mantan Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya tersebut, era digital ditandai dengan adanya gaya hidup baru generasi milenial yang akrab dengan dunia internet.

“Mereka cinta kebebasan, berperilaku instan, berambisi besar dan cenderung sulit diberi nasehat. Ini menjadi tantangan kita semua,” kata Iwan.

Dengan adanya fenomena tersebut, lanjut Iwan, dibutuhkan adanya kesadaran dan keterlibatan semua pihak, guru, wali murid, siswa, mahasiswa dan masyarakat sekitar, karena semuanya menjadi satu bagian dari proses pendidikan secara keseluruhan.

“Mulai dari keluarga, orang tua, guru dan masyarakat di sekitarnya harus tahu konten-konten yang digandrungi anak-anak sekarang. Kita semua wajib mengawal dan memberi rambu-rambu penggunaan teknologi dan informasi agar anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang secara positif,” pesan Iwan.

Para guru dan wali siswa, tambah Iwan, harus paham karakter revolusi industri 4.0. Peran teknologi digital semakin dominan, bekerja tanpa batas ruang, waktu, usia dan kelas sosial.

“Tapi saya yakin, tugas guru secara utuh tidak akan bisa digantikan sepenuhnya oleh kecanggihan teknologi digital,” katanya.

Supaya tidak terlindas kecanggihan teknologi tersebut, para guru dan siswa harus memiliki karakter akhlak yang baik. Jujur, amanah dan sopan santun. Juga, harus memiliki karakter kinerja kerja keras, tanggung jawab, disiplin dan gigih.

Dalam sertijab ini, Madsidi yang semula sebagai Kepala SMK Barunawati dipromosikan sebagai Direktur Pendidikan Menengah YBBS. Tunggal Tripinto yang semula menjabat Direktur Pendidikan Tinggi YBBS dipromosikan sebagai Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan SDM STIAMAK Barunawati Surabaya.

Nama lain yang dipromosikan, Novarina sebagai Kaprodi SMK, Arifin sebagai Kepala Tata Usaha STIAMAK Barunawati Surabaya, Samian sebagai Kabid Sekretaris dan Umum YBBS, dan beberapa SDM organ pelaksana lain. (Gan)

Teks Foto: Ketua YBBS Iwan Sabatini (batik biru) di acara sertijab dan penyegaran organisasi YBBS, Selasa (31/8/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait