Jadi Narasumber RTDI dan RKCI Walikota Paparkan Potensi Kota Madiun dalam Membangun Konsep Smart City

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, menjadi narasumber dalam kegiatan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2021 secara virtual, Kamis 11 November 2021.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, Walikota Madiun, H. Maidi, memaparkan berbagai potensi kota dalam membangun konsep smart city.

Berbagai pembahasan pun mengemuka. Diantaranya terkait kesiapan infrastruktur digital dalam membangun smart city, permasalahan yang dialami menuju kota cerdas, hingga apa saja potensi yang dimiliki daerah dalam membangun konsep smart city.

“IPM kita peringkat tiga di Jatim. Kita terus persiapkan itu agar bisa menuju kota pintar dan modern. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada 726 anak yang orang tuanya tidak mampu. Juga memberikan laptop gratis bagi pelajar SD dan SMP,” jelas H. Maidi.

Lewat program tersebut, lanjutnya, akan mengurangi permasalahan yang dihadapi Kota Madiun. Salah satunya dengan mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu. Tak hanya itu, walikota menambahkan, saat ini pemkot telah membangun 193 rumah orang tidak mampu, setelah dibangun teras diperbaiki untuk digunakan berjualan.

“Dari itu masyarakat akan berdaya dan ekonomi mereka meningkat,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemkot Madiun sudah menjalankan smart city sebanyak 96 program. Diantaranya dimensi smart government sebanyak 23 program. Didalamnya ada program pendidikan dasar, perkembangan pendidikan anak usia dini, program peningkatan pelayanan dan sumberdaya kesehatan dan juga 13 program yang ada di smart environment.
(Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

H. Maidi (pakai jas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait