Jaringan 5G XL Axiata Siap Sukseskan Balap Formula E Jakarta

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) segera menghadirkan layanan 5G di gelaran balap mobil Formula E di Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang. Berbagai persiapan kini sedang dilakukan di lapangan, agar layanan data dan internet super cepat ini bisa mendukung gelaran balap tersebut.

Guna menghadirkan real 5G mobile experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di arena Formula E ini, XL Axiata mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, termasuk untuk penggunaan pita frekuensi 3.5GHz. Sejumlah titik akses 5G akan disiapkan di seputar sirkuit yang menjangkau sejumlah area yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event Formula E.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, mengadopsi segala persiapan yang dilakukan dalam gelaran balap MotoGP Mandalika sebelumnya, pada ajang balap mobil Formula E di Jakarta kali ini akan dilakukan serangkaian uji coba 5G XL Axiata dengan spektrum 3.5GHz untuk menghadirkan layanan terbaik.

“Kami yakin jaringan 5G XL Axiata siap mendukung penyelenggaraan balap mobil Formula E, sekaligus kembali mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing yang hadir di event internasional ini,” ujar Gede, Senin (30/5/2022).

Disebutkan, untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz, serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Melalui penggelaran 5G ini pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G, di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Selain menggelar jaringan 5G, XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di wilayah sekitar Sikuit Formula E. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik yang diprediksi akan terjadi peningkatan trafik, termasuk penambahan 3 Mobile BTS (MBTS) di beberapa titik di sekitar lokasi acara.

XL Axiata memastikan jaringan 4G siap mendukung kelancaran aktivitas berkomunikasi khususnya komunikasi layanan data bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja terkait pada area kawasan.

“Kapasitas jaringan di sekitar Ancol kami tingkatkan hingga 2-3x sebagai antisipasi lonjakan trafik selama hari balapan. Kami antisipasi agar nanti di hari H tidak terjadi hambatan yang berarti dan balapan ini juga bisa berlangsung lancar,” jelas Gede.

Khusus di Jakarta Utara, tambahnya, XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, dengan hampir 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, termasuk lebih dari 5.700 BTS 4G. (Gan)

Teks Foto: Teknisi XL Axiata sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) dengan latar belakang Sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait