Jelang Akhir Tahun, Pemkab Jember Akan Gelar Operasi Pasar

  • Whatsapp
Bupati dan Wabup sidak ke Pasar Tanjung (beritalima.com/dokumentasi)
Bupati dan Wabup sidak ke Pasar Tanjung (beritalima.com/dokumentasi)

JEMBER, beritalima.com | Menjelang akhir tahun, Pemerintah Kabupaten Jember akan menggelar operasi pasar.

Operasi pasar itu, akan digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember, mulai 5 hingga 20 Desember 2022.

Bacaan Lainnya

Kepala Disperindag Kabupaten Jember, Bambang Saputro menjelaskan, operasi pasar dilaksanakan guna menjaga stabilitas harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember.

Dalam hal ini, Disperindag juga bekerja sama dengan Bank Indonesia Jember dan Bulog Cabang Jember.

“Operasi pasar ini juga dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga pokok yang biasanya terjadi di akhir tahun, tepatnya pada momen perayaan Natal dan pergantian tahun baru,” katanya, Sabtu (3/12/2022).

Ke depan, sejumlah komoditas bakal dipersiapkan oleh Bulog Cabang Jember, untuk mencegah adanya kelangkaan barang terhadap komoditas tertentu. Diantaranya, beras, minyak goreng, telur ayam, dan sejumlah produk komoditas lain.

Sementara itu, operasi pasar akan digelar di sejumlah pasar. Mulai Pasar Sempolan, Umbulsari, Tegal Besar, Rambipuji, Jenggawah, Tanggul, Puger, Mayang, Ambulu, Kepatihan, Bangsalsari, hingga Pasar Balung Lama.

“Operasi pasar plus penyediaan sejumlah komoditas juga dilaksanakan di Alun-alun Jember 17 Desember 2022,” paparnya. Harapannya, harga bahan pokok di pasar tetap dalam kondisi stabil.

Selain itu, bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pihaknya sudah lebih dulu menggelar operasi pasar bertajuk Operasi Pasar Lumbung Pangan Jawa Timur mulai September hingga Desember 2022.

Tercatat, ada sebanyak empat pasar yang dikunjungi setiap Minggu. Mulai Pasar Tanjung, Pasar Kreongan, Pasar Mangli, hingga Pasar Wirolegi. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait