Jembatan Alami Longsor, Cegah Terjadi Kembali Dipasangi Bronjong

  • Whatsapp
Bupati Hendy saat meninjau pemasangan bronjong di jembatan (beritalima.com/istimewa)
Bupati Hendy saat meninjau pemasangan bronjong di jembatan (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Jembatan sempat mengalami longsor, mencegah terjadi kembali di pasangi bronjong.

Jembatan itu mengalami longsor, saat hujan deras dan kondisi air sungai mengalami kenaikan cukup tinggi beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Pemasangan bronjong oleh petugas di Jembatan yang terletak di Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, bersama warga sekitar, ditinjau langsung oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto, Rabu (11/1/2023).

Bupati langsung memantau kondisi jembatan yang mengalami longsor, pada sisi timur jembatan. Pemasangan bronjong, agar jembatan tersebut dapat kiranya dijadikan akses kembali.

Menurut Bupati, jembatan sepanjang 20 meter itu memang berisiko mengalami banjir. Sedangkan pemasangan bronjong ini sifatnya sementara.

“Melihat bebatuan di sini, merupakan bebatuan yang berasal dari gunung. Jika jembatan tidak diproteksi dengan bagus, kemungkinan bisa longsor kembali,” katanya.

Oleh karena itu, Pemkab Jember melalui Dinas PU Bina Marga dan SDA perlu bergerak cepat dalam memperbaiki jembatan itu. “Kami harus segera membuat kebijakan,” tuturnya.

Nantinya, bakal membuat pondasinya saja, atau jembatan akan dilebarkan karena menjadi jantung dari warga tiga desa itu.

Menurut Bupati, keberadaan jembatan itu menjadi penting untuk segera diperbaiki. Sebab, menjadi jantung penghubung warga dari tiga desa.

“Misalnya, anak sekolah tadi. Jarak rumah dan sekolahnya hanya selangkah, tapi kalau ndak ada jembatan, mereka baru memutar berkilo-kilo jauhnya,” paparnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait