Jumlah Mahasiswa UWKS Peserta Program Kampus Mengajar Meningkat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Prof H.Sri Harmadji dr. Sp.THT-KL (K), Senin (22/3/2021) melepas keberangkatan 16 mahasiswa UWKS yang lolos Program Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021.

Upacara pelepasan ini juga dihadiri Wakil Rektor, Dekan, Koordinator dan para mahasiswa yang terpilih melaksanakan program pemerintah tersebut. Harmadji mengatakan, upacara ini sebagai apresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi Program Kampus Mengajar.

“Mahasiswa-mahasiswa ini ditugaskan negara untuk mendukung Program Kampus Mengajar dengan melakukan pengabdian membantu para guru mengajar di Sekolah Dasar terakreditasi B dan C di wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Nganjuk,” ujar Harmadji.

Dikatakan, 16 mahasiswa UWKS ini bagian dari 14.000 mahasiswa seluruh Indonesia yang terpilih melaksanakan program unggulan Kemendikbud tersebut. Ini merupakan pelaksanaan tahun kedua. Pada tahun pertama 2020 lalu, mahasiswa UWKS yang terpilih 11 mahasiswa. “Jadi ada peningkatan 5 mahasiswa,” tandas Harmadji.

Mereka 8 di antaranya dari Fakultas Bahasa dan Sains, dan selebihnya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Kedokteran Hewan. Mereka akan membantu guru di SD yang telah ditentukan selama 3 bulan, terhitung mulai 22 Maret sampai 25 Juni 2021.

Ke-16 mahasiswa ini, Azhim Azka Dapitra ditempatkan di SD Budi Yakin Surabaya, Chlerita Caesar Falencia Ouduil di SDN 343 Gresik, Faranabila Dwijun Afifah di SD Tunas Jaya Surabaya, dan Nafi Ubaidilah Abdul Aziz di SDI Baiturrahman Bagor, Nganjuk.

Kemudian, Nanda Nony Chandra Dewi di SD Islam Al Furqon Surabaya, Ornida Bana di SDK Indriasana IV Surabaya, Raden Ajeng Maria Octavia Christyningrum di SD RW X Demak Jaya Surabaya, dan Yanti Tia Hana Simatupang di SD Islam Nurul Hikam Sidoarjo.

Terus, Arum Wulandari dan Diana Rudianto di SD Baitul Makmur Surabaya, Adi Purnama dan Elsofi Alintya di SD Dumas Surabaya. Selebihnya, Herman Fuadi, Melania Putri Floriand, Theresia Paskalin Harming dan Yohni Nurmasyah di SD Budi Luhur Surabaya.

“Pesan kami, laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Berikan ilmu, tenaga dan pikiran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadikan sekolah yang kalian supaya menjadi sekolah yang maju,” pesan Harmadji pada mahasiswa.

Sementara itu Andi Aruji selaku BAKH UWKS menambahkan, selama melaksanakan Program Kampus Mengajar ini masing-masing mahasiswa akan mendapatkan uang saku Rp 700.000,- per bulan dan potongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp 2.400.000,- dari pemerintah.

Andi juga mengatakan, Program Kampus Mengajar ini merupakan program unggulan Kemendikbud bekerjasama dengan LPDP dan Kemenkeu yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan serta membantu pemerintah meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan. (Ganefo)

Teks Foto: Rektor UWKS bersama Warek dan Dekan saat melepas 16 mahasiswa UWKS melaksanakan Program Kampus Mengajar, Senin (22/3/2021)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait