Kabid SMP Disdikbud Kab. Jombang Laksanakan FLS2N Rutin Tiap Tahun

  • Whatsapp

Jombamg | beritalima.com – Kegiatan rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Jombang, Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama melaksanakan Festival Lomba Seni dan Seni Siswa Nasional (FLS2N). FLS2N ini diterbitkan langsung dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Kabid SMP Safak Efendi, M.Pd.I dari Dinas Pendidkkan dan Kebudayaan Kabupten Jombang mengundang peserta SMP yang mengikuti FLS2N sesuai jadwal yang dilombakan.

Tujuan FLS2N tahun 2023 ini kata Safak, memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni, menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional, meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa, membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman, dan mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia.

Berdasarkan visinya, “Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi” Tema ini ungkapnya, bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni.

Lain hal ditegaskan Safak bahwa FLS2N SMP tahun 2023 dilaksanakan melalui dua tahapan yakni, seleksi
tingkat daerah/provinsi dan seleksi tingkat nasional dengan mengikuti standar prosedur pelaksanaan seleksi yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia

Persyaratan umum peserta dijelaskan Kabid SMP yang didampingi Kasi Peserta Didik dan Pembamgunan Karakter SMP. Peserta FLS2N SMP Tahun 2023 adalah peserta didik sekolah menengah pertama yang tercatat sebagai peserta didik SMP atau sederajat dan peserta didik dari perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)

“Bidang seni yang dilombakan diantaranya adalah tari kreasi, kreativitas musik tradisional, ensambel musik, satu gitar dari satu alat musik lainnya, menyanyi solo, ilustrasi, dan pantomin,” tutur Safak Efendi, Senin (15/5/2023).

Lebih lanjut diungkapkan Kabid SMP, untuk hasil karya perserta yang telah menjadi juara di tingkat kabupaten/kota diunggah melalui aplikasi lomba https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id tanggal 1 Mei – 10 Juni 2023, selanjutnya dilaksanakan seleksi di tingkat provinsi 11 Juni – 15 Juli 2023.

Lebih jauh diungkapkan Safak terhadap persyaratan juri, yaitu kompeten dan berpengalaman menjadi juri di bidang seni yang dilombakan, bisa berasal dari akademisi (selain guru dan tenaga kependidikan), praktisi maupun professional. Bersikap adil dan tidak berpihak, bertanggung jawab terhadap keputusannya, memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan peserta didik sekolah menengah pertama.

“Bukan pembimbing dan atau juri di Tingkat Kab/Kota, mampu mengakses dan mengoperasikan perangkat digital dan internet, bersedia menandatangani pakta integritas sebagai juri FLS2N, dan Ditetapkan oleh Dinas Pendidukan Provinsi,” jelasnya.

Ditambahkan Safak, soal seleksi mulai seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat satuan pendidikan, seleksi tingkat Kabupaten/Kota baik luring maupun daring atau online.

“Setelah dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan seleksi, pemenang hasil seleksi tersebut diberikan ke BPTI dalam bentuk Surat Keputusan Pemenang Tingkat kabupaten/kota yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,” imbuh Safak Efendi kepada beritalima.com

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait