Kadin Toraja Minta Pemerintah Perdayakan Kontraktor Kecil

  • Whatsapp

TORAJA UTARA-www.beritalima.com-Kembali Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara angkat bicara terkait pemberdayaan, utamanya bagi rekanan (kontraktor) kecil dengan masuknya kontraktor besar di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Urara soal kerjasama,misalnya sub proyek yang bisa dikerjakan oleh kontraktor daerah.

Kata Wilson Abdullah,selama ini belum adanya kebersamaan antara kontraktor besar dan kecil,padahal kontraktor besar yang mendapat pekerjaan di Toraja mestinya tetap memperhatikan rekanan lokal,dengan shering pekerjaan yang bisa disub oleh rekanan dari daerah.

“Kontraktor lokal memiliki izin usaha tentunya mereka bayar pajak,jika keberadaan mereka kurang diperdayakan usaha mereka kemungkinan tidak jalan akibat terbentur pembayaran pajak,sudah tentu CV nya tutup ini sangat disayangkan,” kata Wilson,Kamis (22/9),saat memberikan keterangan pers sama awak media ini.

Guna menghidupkan rekan- rekan kontraktor daerah,ini juga semestinya menjadi perhatian pihak Pemerintah terkait upaya Pemerintah mempercayakan kontraktor kecil agar tetap bisa berjalan serta CV yang mereka miliki tetap berjalan dengan baik.

“Toraja saat ini jumlah kontraktor kecil ratusan yang perlu mendapat perhatian pemerintah guna nemperdayakan mereka.Tentunya rekanan yang telah diberikan pekerjaan tetap memperhatikan kwalitas proyek,”ucapnya.

Sambung Wilson kembali,angunan yang dimaksud terkait pihak Bank mengucurkan kredit kepada pengusaha kecil dengan nominal sebesar 25 juta rupiah tanpa jaminan namun bukti memiliki usaha,dengan izin usaha masih berlaku.

Jadi, jika itu berjalan dengan baik,Ketua Kadin yakin upaya menimalisasi adanya beberapa pedagang kecil maupun kontraktor kecil agar tidak terjerat rentenir dapat dinimalisasi.”Perlu kami tegaskan,sebaiknya setiap usaha berbadan hukum beroperasi di Toraja,apakah itu kontraktor atau badan usaha lainnya,wajib mereka melengkapi izin usaha serta izin gangguan sehingga hal itu mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD)”,kata Wilson.

Akhir wawancara Ketua Kadin Toraja Utara dan Tana Toraja,sudah semestinya pemerintah memperdayakan kontraktor kecil .Begitupun maraknya koperasi saat ini beroperasi, itu perlu dilakukan penertiban termasuk beberapa koperasi yang menerima bantuan pemerintah sebaiknya dilakukan audit guna pertanggungjawaban bantuan negara tersebut,”kuncinya.(Gede Siwa)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *