Kadisdikbud Jombang Tiap Tahun Rutin Selenggarakan Lomba Bahasa dan Seni Pada Generasi Milenial

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang tiap tahun rutin menyelenggarakan penguatan pendidikan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian Peserta Didik secara optimal. Penguatan nilai nilai karakter tersebut menurutnya amanah Pasal 7 Ayat 3 PP No.87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Senen, S.Sos M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang berupaya memperkenalkan dan melestarikan warisan bahasa dan seni Indonesia di Kabupaten Jombang diperlukan peran serta masyarakat untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya asli Indonesia kepada masyarakat terutama pada generasi milenial.

“Salah satu bentuk kegiatan penguatan pendidikan karakter sekaligus sebagai sarana memperkenalkan dan mewariskan warisan bahasa dan seni yaitu melalui lomba bahasa dan seni Siswa Sekolah Dasar,” ungkap Senen, 24 Januari 2024 lalu.

Dijelaskan Senen, pendaftaran peserta lomba literasi dibuka 26 Januari – 10 Februari 2024 sedangkan lomba Macapat, Lomba Baca Puisi, Lomba Pidato Bahasa Jawa, dan lomba peragaan busana dibuka 22 Januari – 17 Februari 2024.

“Tujuan pelaksanaan lomba salah satunya memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif peserta didik sekolah dasar dalam pengembangan diri secara optimal,” tegas Senen.

Ia pun menegaskan sasaran lomba bahasa dan seni untuk memperkenalkan dan mewariskan budaya asli Indonesia kepada siswa Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kabupaten Jombang

“Pelaksanaan lomba bahasa dan seni Siswa Sekolah Dasar lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ditempat yang berbeda yakni di Aula SMKN 3 Jombang, Aula 2, 3 Disdikbud Jombang, Aula Koorwilker Pendidikan Kecamatan Jombang, dan di Gedung Kesenian,” ujar Supartini, Kasi Peserta Didik SD, Selasa (20/2/2024).

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait