KAI Commuter Terapkan Layanan Sesuai SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | KAI Commuter mulai 17 Juli 2022 memberlakukan pelayanan perjalanan KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo dan KA Lokal di beberapa wilayah operasi sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 72 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022.

“Sesuai SE Kemenhub Nomor 72 tahun 2022, pengguna kereta api komuter wajib vaksin Covid-19,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, sebagaimana yang dirilis Selasa (12/7/2022).

Syarat-syarat menggunakan KRL ataupun KA Lokal mulai 17 Juli 2022 diantaranya memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi, menggunakan masker dengan benar, dan cuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

Untuk pengguna KRL yang membawa anak-anak khususnya balita diimbau untuk menghindari kepadatan. Selama tidak terlalu padat, petugas akan mengizinkan anak-anak naik KRL.

KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo, sesuai SE No.72/2022 ini, diperkenankan melayani pengguna hingga 80% dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh.

Sedangkan untuk KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, diperkenankan melayani jumlah kapasitas pengguna paling banyak 100% dari ketentuan.

Untuk ketentuan pelayanan penjualan tiket KA Lokal perkotaan yaitu 100% untuk penjualan tiket dengan tempat duduk dan tambahan kuota 50% penjualan tiket tanpa tempat duduk.

Saat ini, operasional KRL Jobodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04:00 – 24:00 dengan 1.081 perjalanan per hari. Sementara untuk operasional KRL Yogyakarta-Solo tetap 20 perjalanan KRL per hari pada hari kerja mulai pukul 05.05 – 18.30.

Petugas juga akan selalu melakukan pengendalian jumlah pengguna KRL yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan pengguna terutama di jam-jam sibuk.

Untuk menghindari kepadatan di jam-jam sibuk, pengguna KRL diimbau menggunakan aplikasi KRL Access agar dapat memantau informasi kepadatan di stasiun, mengetahui posisi real time KRL dan jadwal perjalanan.

Sedangkan operasional pelayanan KA Lokal di wilayah Merak tiap harinya tetap mengoperasikan 14 perjalanan. Untuk pelayanan perjalanan KA Lokal di wilayah 2 Bandung, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 58 perjalanan tiap harinya.

Untuk KA Lokal Prambanan Ekspres relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP dioperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap hari. Sedangkan untuk KA Lokal di wilayah Surabaya tiap hari dioperasionalkan sebanyak 60 perjalanan. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait