KAI Daop 8 Surabaya Lakukan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin oleh Deputy EVP Daop 8 Surabaya, Mariyanto, di Kantor Daop 8 Surabaya, Jumat (14/4/2023).

Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api. KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran tahun ini selama 19 hari, mulai 14 April sampai 2 Mei 2023.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan, seluruh jajaran manajemen KAI Daop 8 Surabaya akan melaksanakan posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan KAvdan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

Pada Lebaran tahun 2023 ini KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan KA aman dan berkesan.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan KA di periode Angkutan Lebaran ini, KAI menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 60 orang dan Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 38 orang.

Sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan KA, stasiun, dan jalur KA, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. KAI menyiapkan tenaga kamtib sebanyak 470 personil, terdiri dari Polsuska, security, serta TNI/Polri (eksternal).

KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Ada 62 lokomotif dan 1.044 kereta yang siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

Dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 ini, KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta KA, satgas pramuka serta pihak-pihak lainnya, dengan mendirikan tenda posko di masing-masing stasiun keberangkatan wilayah Daop 8 Surabaya. (Gan).

Teks Foto: Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin Deputy EVP Daop 8 Surabaya, Mariyanto, di Surabaya, Jumat (14/4/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait