Kala Banjir dan Gempa, Ini Yang Dilakukan XL Axiata

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | XL Axiata pastikan semua jaringan di sejumlah lokasi terdampak bencana alam telah pulih 100%, termasuk di Jabodetabek akibat banjir di awal pekan ini. Dari total sekitar 35 ribu BTS di wilayah Jabodetabek, hanya kurang dari 1% sempat terdampak banjir pada 20-22 Februari 2021.

Selain itu, jaringan XL Axiata di wilayah terdampak banjir besar di Kalimantan Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Barat, serta jaringan terdampak gempa di Sulawesi Barat, juga telah pulih.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, dari sejumlah wilayah yang terlanda banjir atau gempa hanya sebagian kecil perangkat yang mengalami kerusakan secara fisik. “Kerusakannya bukan karena terendam banjir atau rubuh karena gempa, tetapi karena listrik padam,” terang Gede.

beritalima.com

“Berbagai kerja keras dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim teknis dalam menjaga performa jaringan berhasil menekan jumlah BTS yang terdampak banjir, sehingga hanya sekitar 1% dari total BTS yang ada di Jabodetabek,” lanjutnya, Jumat (26/2/2021).

Disebutkan, selama banjir melanda, tim di lapangan yang bekerja siang dan malam dengan sigap mendatangi lokasi-lokasi BTS yang terkena banjir maupun yang aksesnya banjir untuk memastikan bahwa jaringan XL Axiata kembali normal.

beritalima.com

“Bahkan, mengingat kondisi cuaca tak menentu, hingga saat ini tim kami masih terus bersiaga. Rekayasa pengalihan jaringan juga kami lakukan dari pusat pengendalian jaringan guna mem-backup jaringan yang terdampak banjir,” ujarnya.

Gede menambahkan, kondisi jaringan di Sulawesi Barat dan Jawa Barat sepenuhnya sudah pulih sejak awal Februari 2021 lalu. Sementara itu untuk beberapa area khususnya di Semarang dan Kalimantan Selatan, tim XL Axiata masih terus berupaya untuk menjaga performa jaringan.

Sementara itu, untuk meringankan beban warga Jabodetabek yang terlanda banjir, XL Axiara juga telah menyalurkan bantuan darurat berupa paket sembako pada 22-23 Februari 2021 di sejumlah titik, antara lain di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Juga di area Tangerang seperti Ciledug Indah, Kampung Total Persada, serta Garden City Residence. Di Bekasi dilakukan di Jati Mekar, serta juga di wilayah perbatasan antara Cikarang -Karawang, tepatnya di Kecamatan Pebayuran.

Di Sulawesi Barat, bantuan disalurkan di Majene dan Mamuju, dimana terdapat ribuan warga yang mengungsi. Bantuan yang disalurkan berupa Makanan, air mineral, obat-obatan, masker, hand sanitizer, tenda, tikar, dan kebutuhan bayi.

Bantuan yang sama turut disalurkan di sejumlah daerah terdampak banjir di Semarang dan Pekalongan, Jawa Tengah serta di Subang dan Majalengka, Jawa Barat. Selain penyaluran bantuan sembako dan APD, tim XL Axiata pun turut mendirikan layanan telepon gratis di Posko korban banjir Subang. (Ganefo)

Ki-ka: Huawei Account Director untuk XL Axiata, Catherine Guan, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik, meninjau salah satu BTS yang terdampak banjir di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait