Kamu Penikmat Wisata Pantai? 5 Destinasi Liburan di Manado Ini Menunggumu

  • Whatsapp

beritalima.com | Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak wisata pantai yang memesona. Sebut saja Manado. Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini dianugerahi deretan pantai dengan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Buat kamu penikmat tempat rekreasi bertema pantai, terbang ke Manado adalah pilihan yang tepat.

Untuk mendapatkan tawaran penerbangan terbaik, kamu bisa cek tiket Lion Air Traveloka. Perjalanan ke Manado via udara akan memakan waktu sekitar 5 jam-10,5 jam jika kamu berangkat dari Jakarta. Sesampainya di Manado, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan ke lima objek wisata pantai berikut ini.

 

1.    Pulau Siladen

Rekomendasi pertama adalah Pulau Siladen. Secara geografis Pulau Siladen berada di sisi timur laut Pulau Bunaken. Dari pusat kota Manado, pulau ini berjarak sekitar 8 mil dan dapat dijangkau dalam 45 menit perjalanan menaiki kapal motor.

Memiliki luas sekitar 31,25 hektare, Pulau Siladen tampil menarik dengan hamparan pasir putih dan pepohonan yang tumbuh lebat mengelilingi pesisir pantai. Dominasi air laut berwarna biru kehijauan pun mampu memikat hati siapa saja untuk berenang.

Selain pantainya yang memesona, pemandangan bawah laut Pulau Siladen juga nggak kalah cantik. Kamu bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat-lihat keanekaragaman biota laut dan terumbu karang Pulau Siladen.

Jika ingin menikmati suasana malam Pulau Siladen, kamu bisa menginap di resort-resort mewah yang ada di sekitar.

 

2.  Taman Nasional Bunaken

Ini dia ikon wisata Manado yang namanya telah populer di kalangan wisatawan lokal maupun turis asing. Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut yang memiliki pesona tiada tara. Kawasannya pun masih sangat alami sehingga biota laut dan terumbu karang yang ada di sini terjaga dengan baik.

Menurut sebuah laporan, Taman Nasional Bunaken dihuni oleh 13 jenis dinding karang raksasa yang menjulang vertikal serta dipenuhi oleh aneka ragam ikan seperti  clownfish, angelfish, lolosi ekor kuning, ila gasi, ikan kuda gusumi, dan oci putih.

Bila beruntung, di tempat ini kamu bisa melihat penyu sisik Hawksbill yang menjadi fauna terpopuler di Taman Nasional Bunaken.

Dengan segala keindahan alam bawah lautnya, Taman Nasional Bunaken mampu menyihir setiap penyelam yang mengunjunginya. Satu lagi, tempat ini juga telah diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO tahun 2005 silam. Keren, bukan?

 

3.    Pulau Manado Tua

Rekomendasi selanjutnya adalah Pulau Manado Tua. Pulau Manado Tua berjarak sekitar 10 mil dari kota Manado dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam menggunakan perahu motor. Berbeda dari dua tempat wisata sebelumnya, di pulau ini pengunjung bisa melakukan aktivitas yang lebih beragam.

Kalau tujuanmu ke sini untuk melengkapi galeri media sosial, baik pemandangan di darat maupun pemandangan bawah laut Pulau Manado Tua sangat fotogenik.

Sementara buat pengunjung yang ngaku sebagai penyelam sejati, melakukan diving demi melihat dinding karang sepanjang 20 meteran di bawah laut adalah cara terbaik untuk menciptakan momen liburan tak terlupakan.

Aktivitas lain yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berada di Pulau Manado Tua adalah mendaki Gunung Manado Tua yang sarat akan peninggalan sejarah.

 

4.    Pulau Mantehage

Satu lagi pulau di Manado yang memiliki keunikan tersendiri adalah Pulau Mantehage. Berjarak sekitar 1,5 jam dari Kota Manado, Pulau Mantehage merupakan kawasan terluar Sulawesi Utara dan berbatasan dengan Negara Filipina.

Struktur daratan Pulau Mantehage cenderung landai dan datar. Di pulau ini juga banyak hutan bakau yang kabarnya tengah dikembangkan sebagai ekowisata.

Secara administratif, Pulau Mantehage adalah bagian dari Taman Nasional Laut Bunaken. Jadi, selagi kamu jalan-jalan ke sini jangan terkejut karena kamu akan menemukan beberapa satwa liar nan eksotis seperti Burung Raja Udang, Burung Pekaka Bua-Bua, Kus-Kus, dan Tarsius.

Nggak kalah dengan pantai di Taman Nasional Bunaken dan Pulau Siladen, Pulau Mantehage juga punya spot diving yang memanjakan mata. Air laut di sini pun sangat jernih sehingga pemandangan terumbu karang dapat terlihat jelas dari permukaan tanpa perlu berenang ke dalam air.

 

5.    Pulau Lihaga

Meski secara administratif Pulau Lihaga adalah bagian dari Kabupaten Minahasa Utara, namun Destinasi Super Prioritas ini wajib ada di bucket list-mu. Apalagi kalau kamu benar-benar penikmat wisata pantai, mengunjungi Pulau Lihaga dijamin nggak akan membuatmu kecewa.

Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Manado, Pulau Lihaga merupakan pulau tak berpenghuni yang menawarkan keindahan pantai berpasir putih nan lembut. Sementara itu sebagian besar pulau ini ditumbuhi oleh hijaunya pepohonan sehingga suasana sekitar terasa asri.

Ombak di pantai Pulau Lihaga ini terbilang tenang, jadi cukup aman buat kamu yang ingin melakukan snorkeling. Terlebih, kehidupan bawah lautnya pun begitu kaya akan terumbu karang serta biota laut sehingga sayang bila dilewatkan.

Kalau ingin bermalam di Pulau Lihaga sebaiknya kamu membawa perlengkapan kemah sendiri karena di pulau ini belum menyediakan fasilitas menginap.

 

Mengulas pesona pantai di Manado memang nggak bakal ada habisnya. Selain kaya akan wisata alam, kota satu ini juga surganya kuliner enak seperti Tinutuan, Cakalang Fufu, Sambal Dabu-Dabu, Klappertaart, Ayam Tuturuga, dan Paniki.

Nah, buat kamu yang belum pernah mengunjungi kota satu ini, yuk, ajak serta keluargamu menikmati pantai cantik di Manado!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait