Kapal Perang Tni Al Berangkat Ke Hawai Ikuti Latma Rimpac 2016.

  • Whatsapp

SURABAYA beritalima.com- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi oleh Ketua Daerah Jalasenatri Armatim Ny. Ina Darwanto, melepas keberangkatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro (DPN)-365 dalam misi multilateral exercise The Rim of The Pacific (Rimpac) Tahun 2016 di Hawai. Acara pelepasan diawali dengan upacara laporan kesiapan oleh Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Tunggul yang diikuti seluruh personel Satgas Rimpac 2016, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya.
Rimpac, “The Rim of the Pacific Exercise is the World’s Largest International Maritime Warfare Exercise “ dilaksanakan dua tahun sekali (Bianually). Pelaksanaan ini berawal tahun 1971 dan melibatkan 3 Negara yakni, Australia, Canada, USA, untuk Negara Indonesia mulai terlibat sejak tahun 2008 sebagai observer dan pada tahun 2010 mengirimi pasukan Marinir. Pada tahun 2014 lalu Indonesia mengirim 1 LPD KRI Banda Aceh, 200 pasukan Marinir dan Ranpur LVT 7. Pada tahun 2016 ini partisipan berjumlah 27 Negara, 53 kapal permukaan, 6 kapal selam, 18 satuan pasukan darat, 30 MPRA, 200+ Pesud, 25000+pasukan. Untuk pelaksanaan Rimpac tahun 2016 ini Indonesia akan mengirim KRI Diponegoro (DPN)-365 dengan dan 1 SST Marinir sebanyak 45 orang. Total jumlah seluruh personil TNI Angkatan Laut yakni berjumlah 145 orang.
Adapun maksud dari pelaksanaan Rimpac ini tentunya untuk meningkatkan kerja sama antara Negara peserta LatmaMultilateral Rimpac 2016 di Maritime Warfare Exercise dengan tujuan meningkatkan Profesionalisme Prajurit TNI AL yang melibatkan Prajurit KRI dan Pasukan Marinir. Prajurit KRI disini tentunya untuk dapat meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menghadapi tugas operasi. Keterlibatan pasukan marinir disini agar tercapainya pemahaman teknis dan taktis dalam melaksanakan operasi militer gabungan Internasional, dan juga untuk mendapatkan pertukaran pengetahuan spesialisasi dari negara-negara peserta Rimpac 2016.
Dalam pelaksanaan Rimpac 2016 ini diikuti 27 Negara. Negara-negara peserta yang mengikuti Rimpac 2016 yakni, Australia, Bangladesh, Brazil, Brunei, Canada, Chile, Colombia, Denmark, France, Germany, Indonesia, India, Italia, Japan, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Norway, China, Peru, Philipines, Republik of Korea, Singapore, Tonga, UK, United States Navy. Serial latihan yang dilaksanakan disana yakni,Harbor phase, Sea Phase, Sports & Competition, Linla Pull Out. Harbour PhaseKRI dilaksanakan mulai tanggal 28 Juni – 11 Juli 2016, untuk Sports & Competition terdiri dari Sand Volleyball, Indoor Volleyball, Golf, Basketball, Canoe Padding, Soccer, Tennis, 5K Run & Fun Competition Sailing, untuk KRI Diponegoro -365 menyiapkan tim lari 5K dan Tim Bola Voli.
Hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) Mintoro Yulianto, S. Sos.,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., Komandan Pasmar (Danpasmar) 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasyim, S.T.,M.Si.,(Han). Para pejabat utama Koarmatim, para Komandan Satuan, dan Komandan Kapal jajaran Koarmatim yang berada di Pangkalan, serta para keluarga Satgas Rimpac 2016 yang ikut melepas keberangkatan para suami berangkat ke medan tugas.@Budi beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *