Kedubes RI Di Tanzania Peringati HUT RI Ke-74 Dengan Meriah

  • Whatsapp

TANZANIA, beritalima.com | Semangat perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, menggema hingga ke pesisir Afrika Timur, Tanzania. Para WNI yang bermukim di Tanzania, juga antusias untuk memeriahkan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh KBRI Dar es Salaam (terakreditasi untuk Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro), Sabtu 17 Agustus 2019.

Bahkan, rangkaian perayaan HUT RI ke-74 ini, telah dimulai sejak tanggal 17 Juli 2019 dengan penyelenggaraan pertandingan olahraga setiap yang diikuti para staf KBRI dan WNI di Tanzania.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain tenis lapangan, badminton, tenis meja dan basket.

Pada tanggal 10 Agustus 2019, seraya memperingati momentum Hari ASEAN, yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2019, juga diselenggarakan kegiatan gerak jalan sehat dan kompetisi olahraga yang diikuti oleh masyarakat Indonesia Komunitas Vietnam dan Filipina yang berada di Sar es Salaam, serta masyarakat Tanzania.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Duta Besar Vietnam di Dar es Salaam, H.E. Nguyen Kim Doanh, serta Presiden Komunitas Filipina di Tanzania, Genevieve Coppard.

Adapun olahraga yang dipertandingkan antara lain kompetisi senam kesehatan Jasmani (SKJ), bola voli, dan tarik tambang, serta perlombaan khas perayaan Hari Kemerdekaan di tanah air. Antara lain balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang.

Para peserta dari komunitas ASEAN dan masyarakat setempat sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegaiatan tersebut.

“KBRI Dar es Salaam telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermakna dalam rangka merayakan Hari ASEAN serta HUT Kemerdekaan,” kata Nguyen Van Binh, diplomat Vietnam di Dar es Salaam.

Masih dalam momentum perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI, pada tanggal 13 Agustus 2019, KBRI Dar es Salaam bekerja sama dengan Center for Foreign Relations telah melakukan Konferensi Pers Peluncuran Kursus Bahasa Indonesia pertama di Dar es Salaam yang akan dibuka untuk publik. Peluncuran kursus tersebut dihadiri oleh Direktur CFR, Dr. Jeremia Ponera, para calon murid Kursus Bahasa Indonesia, serta awak media cetak dan elektronik setempat.

Dalam sambutannya, Dubes RI Dar es Salaam, mengatakan, pembukaan kursus tersebut merupakan tonggak sejarah dalam kerja sama bilateral RI-Tanzania yang sudah terjalin sejak tahun 1964.

Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan kerja sama antar masyarakat RI dan Tanzania, meningkatkan minat para pelajar Tanzania untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia, serta membuka peluang kerja sama lain di berbagai bidang.

Sementara itu, Direktur CFR menyampaikan agar masyarakat Tanzania tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Mengingat Indonesia merupakan negara besar dan mempelajari Bahasa Indonesia akan membuka banyak kesempatan.

“Kursus Bahasa Indonesia akan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2019, di mana para tenaga pengajarnya adalah para pemuda setempat yang merupakan alumni penerima beasiswa Indonesia. Guna memastikan kualitas tenaga pengajar, sebelumnya pada bulan Juli 2019, KBRI Dar es Salaam bekerja sama dengan Wisma Bahasa Indonesia menyelenggarakan Training of Trainer selama sebulan penuh,” katanya.

Sebagai puncak kegiatan, pada tanggal 17 Agustus 2018 KBRI Dar es Salaam telah menyelenggarakan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI bertempat di Wisma Duta Besar RI, yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, acara kesenian, pembagian hadiah pertandingan, dan ramah-tamah. Para WNI dan masyarakat Tanzania juga turut berpartisipasi meramaikan acara dengan menampilkan musik angklung serta tari tor-tor.

“Sejalan dengan tema HUT RI ke-74, SDM Unggul Indonesia Maju, pentingnya komunitas WNI untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiiki SDM yang unggul dan mampu bersaing di tingkat global.
Untuk itulah, kita sebagai perwakilan dari bangsa dan negara Republik Indonesia di Dar es Salaam, mari tunjukkan kecintaan kita kepada Indonesia. Kita tunjukkan bahwa kita mampu bersaing dari sisi ilmu pengetahuan, keahlian, terutama dari sisi martabat atau karakter,” kata Dubes RI Dar es Salaam, Prof. DR. Ratlan Pardede.

Rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan RI ini, merupakan bagian dari program pembinaan dan pemberdayaan WNI di negara akreditasi serta peningkatan hubungan antar masyarakat RI dan Tanzania.

“KBRI Dar es Salaam akan terus meningkatkan upaya untuk meningkatkan people to people connection, guna mendukung upaya penguatan hubungan antara RI dan negara-negara akreditasi,” pungkas Ratlan Pardede. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *