Kegiatan Ekstra Kurikuler Peserta Didik SMPN 4 Bireuen Olah Menu Makanan

  • Whatsapp

Foto : Mengolah menu makanan salah satu kegiatan Ekstrakurikuler

BERITALIMA,BIREUEN-ACEH – Prosesi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler/Prakarya peserta didik SMPN 4 Bireuen kelas IX selain kerajinan,kesenian dan juga melaksanakan kegiatan pengolahan menu makanan.

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran Prakarya salah satunya pengolahan menu makanan yang dilaksanakan para peserta didik kelas IX SMPN 4 itu di komplek sekolah setempat kawasan Lhok Awe-Awe Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Guru mata pelajaran Prakarya, Idawati S.Pd, kepada Beritalima.com, Jumat (29/11) seusai mengikuti pelaksanaan upacara HGN di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen menyebut, , kegiatan budidaya pengelohan makanan untuk melihat kreafitas siswa dengan memanfaatkan makanan sederhana.

“ Tujuan utama kegiatan ini untuk melihat kreativitas dan keahlian peserta didik di bidang prakarya sehingga kita mengetahui jenjang mana yang didukung dengan skilnya yang telah ada,” Ungkap Idawati,S.Pd

Disebutkan, dalam pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuledr ini untuk peserta didik kelas IX berjumlah 31 orang dan dibagi dalam 6 kelompok dengan perbandingan merata untuk laki-laki dan perempuan.

Prosesinya mereka dimintakan untuk penyiapan menu lalu memasaknya di rumah dengan ikut serta semua anggota kelompok barulah setelah selesai semua baru dibawa ke sekolah.

Dijelaskan, dalam kegiatan yang mereka lakukan diberikan beberapa ketentuan seperti, kreafitas peserta setiap kelompok, cita rasa makanan yang disajikan, karakter kerjasama terukur serta keragaman kendungan gizi dari menu yang ditampilkan.

Pola makanan juga sangat sederhana, mudah didapat juga tidak ada pemborosan dana, tapi memilki khas tersediri dan mereka juga bisa melakukan dirumahnya, dengan harapan selain mengembangkan kreativitas juga sebagai peluang bagi mereka, apabila membuka usaha mandiri.

Selain itu selama ini peserta didik SMPN 4 Bireuen juga dibekali dengan kegiatan lain, seperti kerajinan dari bahan sederhana dan bisa diperoleh dilingkungannya seperti sapu lidi, kertas dan sejumlah bahan lainnya. (Suherman Amin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *