“Kehidupan Manusia di 30 Tahun ke Depan”

  • Whatsapp

Kita ketahui perkembangan manusia amatlah sangat banyak mengalami perubahan secara signifikan, secara kasat mata yang sering terlihat , di rasakan dan juga di hayati perubahannya dari masa ke masa. Banyak sekali hal yang manusia terdahulu tidak rasakan pada saat ini dan begitu pula sebaliknya ,kemajuan teknologi pada era sekarang sangatlah mengacu pada perkembangan manusia pada masa kini dan juga pada masa yang akan datang sehingga tidak kita pungkiri bahwa manusia lah otak dari segala kemajuan yang terjadi pada hari ini dan juga masa yang akan datang. Bisa di ketahui bahwa kemajuan teknologi lah acuan utama dari perkembangan manusia dan apa yang akan terjadi jika perkembangan teknologi kian hari selalu mengalami kecepatan dalam bertumbuh ?, akankah manusia mampu dan bisa untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi ini yang semakin pesat ? dan apakah benar teknologi yang di ciptakan manusia akan menguasai dunia ? .

Khalayak manusia biasa hanya bisa menikmati apa yang sudah di ciptakan , menggunakannya sesuai tidak kemampuan dari akal dan pikiran manusia pada umumnya . Kian bertambahnya umur setiap manusia maka bisa di ketahui bahwa seberapa lama pula Dunia yang di ciptakan ini tumbuh dan berapa lama lagi dia akan hancur , tapi itu semua hanyalah kuasa Tuhan yang mengetahui nya. Sejak di temukannya beberapa hal yang canggih dan yang selalu memudahkan manusia dalam bekerja sebagian manusia selalu menganggap semua pekerjaan teramat enteng dan juga begitu mudah untuk di kerjakan , tanpa memikirkan jika alat canggih yang selalu mereka gunakan itu memiliki efek samping yang bisa merugikan manusia lainnya .
Dan apa yang akan terjadi di kehidupan manusia pada 30 tahun ke depan ?

Terutama kali yang akan sangat mengubah Manusia pada masa yang akan datang yaitu Teknologi , Ekonomi , dan Budaya inilah hal yang sangat berpengaruh besar dalam perubahan Manusia .Ternyata pengaruh besar dari teknologi ini sangat bisa mengecamkan kerja otak manusia untuk menemukan titik jenuh untuk secara langsung mengerjakan pekerjaannya ,sehingga manusia beranggapan bahwa pekerjaan hari ini adalah pekerjaan yang mudah karena bisa di bantu oleh alat canggih yang di temukan oleh para ahli. Selain dari teknologi Ekonomi pada masa yang akan datang sagat berpengaruh juga kepada kehidupan Manusia , mengapa demikian ? .

Mungkin saja Ekonomi yang terjadi pada masa itu akan melonjak tinggi sehingga banyak Manusia tidak bisa untuk mencapai tingkat kepuasaannya masing-masing . Jika pun emang bisa kalangan atas tetap menguasai semua ini dan tidak menutup kemungkinan bahwa Teknologi pun bisa mereka kuasai tanpa harus berpikir panjang ,Hanya untuk mencapai titik kepuasaan yang ingin mereka tujui itu. Dan apa yang terjadi dengan mereka dengan yang masih tetap di kalangan bawah ? apakah merekah akan mati tanpa harus ajal terlebih dahulu menjemput ? . Dan tingkat Ekonomi akan sangat mendominasi di semua titik dari hal Teknologi bahkan dari hal terindah pun akan selalu menjadi dominasi yang tertinggi , mungkin kita Manusia akan menjadi budak lagi dari Manusia yang selalu membudakkan Manusia dan hal seperti ini bukanlah hal biasa bagi mereka yang bisa menguasai ekonomi pada masa itu .
Apa yang terjadi dengan budaya ? keluntunturan Budaya pun akan menjadi imbas pada masa itu di sebabkan karena Budaya hanyalah tontonan lama yang tidak mengasyikkan bagi mereka yang sudah mengenal banyak hal baru pada masa itu .

Bisa sangat terjadi Budaya yang sudah tertata rapi oleh leluhur kita akan serasa punah oleh masa yang akan datang ,walaupun Budaya dan Manusia merupakan satu yang tidak bisa di pisahkan karena eksistensinya manusia adalah makhluk berbudaya. Walaupun tujuan Budaya sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia dalam menyatakan indvidu dalam segala dimensi dan segala kapasitasnya.Seperti yang di ungkapkan oleh Aristoteles ‘’ tangan pada manusia merupakan lambang serta alat dari roh ,alat yang memungkinkannya untuk mengukur segala benda dan mengisyratkan segala realitas’’ , akan sangat terjadi bahwa Budaya akan tetap berlangsung walaupun Budaya pada masa itu hanyalah hal yang teramat biasa untuk di pahami apalagi untuk di pelajari. Dan adanya Budaya pada kehidupan manusia itulah ciri khas yang membedakan manusia dengan binatang ,sedangkan binatang hanya berada dalam kungkungan kondisi-kondisi biologisnya saja beserta gerakan yang telah terjadi oleh kondisi instingtif dan nalurinya.

Dari Teknologi , Ekonomi , Budaya yang berpotensi akan mendominasi kehidupan Manusia di 30 tahun ke depan adalah teknologi di sebabkan oleh perubahan cara berpikirnya Manusia.Dan inilah titik dimana Teknologi memiliki kesempatan untuk masuk lebih cepat di bandingkan Ekonomi dan Budaya.

Seperti ucapan Marx ‘’bahwa teknologi merupakan alat ,dalam pandangan materialisme historis yang menunjuk pada sejumlah alat yang dipakai Manusia untuk mencapai kesejahteraan’’ , terbukti jelas bahwa TEKNOLOGI sangat mendominasi pada kehidupan Manusia di 30 tahun ke depan . Berawal dari pemindahan sumber daya manusia ke sistem teknologi sehingga beberapa tenaga manusia 30 tahun kedepan banyak sekali di rumahkan kendala ini membuat manusia kelihatan seperti tidak begitu perlu dalam bidang pekerjaan . Apalagi apabila pesatnya teknologi akan terciptanya pula hal aneh-aneh yang begitu diinginkann oleh sebagian orang dan sebgaian orang lagi tidak ,walaupun dari beberapa aspek tekonolgi sangat menguntungkan bagi manusia dan sebaliknya ada pula yang sangat merugiakn manusia .

Dan jika benar terjadinya penggunaan robot pada sistem pekerjaan industri terjadi inilah salah satu penyebab akan terjadinya pelonjokan pengangguran besar-besaran , apakah ini semua akan terjadi ? . Yang pastinya 30 tahun ke depan semua ini akan terjadi manusia yang bernyawa bukanlah lagi pekerja handal melainkannya hanyalah penonton saat para robot bekerja dengan lihainya dan juga tanpa lelahsedikit pun .
Jika semuanya terjadi akankah Indonesia di sebut negara maju ? , jawaban yang mungkin masih sangat di nantikan kebenarannya .

Berharap para petingginya tidak ceroboh dalam menindaklanjuti hal yang hanya akan membanggakan negeri sesaat ,setidaknya walaupun Indonesia masih dalam tahap negara berkembang dalam 30 tahun ke depan tapi jika rakyatnya makmur dan sentosa itulah Negara Maju yang sesungguhnya karena bisa mensejahterakan rakyat bukan hanya melimpirkan rakyat ke dalam kesengsaraan dan kemiskinan . Bahkan negeri ini bisa berkembang seiras dengan Teknologi masa depan dalam 30 tahun jika saja semuanya bisa berbuat adil dalam menggunakannya dan bertindak . Harapan terbaik bukan teknolgi yang menguasai segala lini kehidupan melainkan teknologi harus meringankan kehidupan manusia di 30 tahun ke depan .

NAMA : DALI HERMANSYAH

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait