Kemhan RI Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kota Ternate.

  • Whatsapp
Ternate, (9/10) Bertempat di Aula BLK (Balai Latihan Kerja) Jln. Melati Kel. Bastiong Kec. Ternate Selatan. Dalam sambutan Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI Priyanto, S.lP., M.Si (Han) mengatakan bahwa Di Ternate Provinsi Maluku Utara ini, merupakan wahana untuk saling bertukar informasi dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan pemahaman bahwa Satpol PP dan Linmas adalah merupakan bagian dari komponen pendukung pertahanan negara yang dipersiapkan untuk menghadapi ancaman militer ketika negara dalam keadaan darurat perang.
Kegiatan ini sekaligus upaya peningkatan kesadaran bela negara, serta menyiapkan kader bela negara dalam rangka membangun sistem pertahanan yang tangguh. Oleh karena itu kegiatan ini mengambil tema *”Melalui Pemberdayaan SDM Komponen Pendukung Pertahanan Negara Bagi Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, Kita Wujudkan Sistem Pertahanan Negara Yang Tangguh “* Tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa ini sangat kompleks.
di era globalisasi saat ini. Banyak jenis ancaman yang dapat mengganggu pertahanan negara diantaranya ancaman berdimensi idiologi, politik, ekonomi, sosial,budaya,teknologi dan pengetahuan ilmu termasuk keselamatan umum maupun ancaman berdimensi legislasi, Dalam konteks ini, perang bukan menjadi domain militer saja, akan tetapi diperlukan keterlibatan seluruh kekuatan potensi bangsa untuk menghadapinya Para peserta dan hadirin yang berbahagia,Undang-undang nomor 3 tahun 2002 tentang mengatur dalam bahwa negara pertahanan militer, sistim pertahanan ancaman menghadapi semesta. Sistim semesta menempatkan TNI sebagai komponen utama dengan didukung komponen cadangan dan komponen pendukung. Dalam UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah,
Satpol PP dan Linmas merupakan bagian perangkat daerah di bidang penegakan perda, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat yang memiliki ketrampilan khusus, jiwa juang dan disiplin tinggi hirarki serta memiliki komando.
adapun beberapa  Penekankan yang disampaikan antara lain :
1. Terbangun pemahaman yang sama bahwa pertahanan negara bukan merupakan tanggung jawab semata akan tetapi merupakan tanggung jawab TNI kita bersama sebagai bangsa.
2.  Terbangun pemahaman bahwa Satpol PP dan Linmas yang merupakan komponen pendukung mempunyai peran penting dalam pertahanan negara yang dapat meningkatkan kekuatan serta kemampuan TNI dan komponen cadangan dalam menghadapi ancaman militer.
3. Manfaatkan waktu dengan sebaik baiknya sehingga seluruh materi dan kegiatan dapat diserap dan diikuti dengan baik.
Pembukaan Pemberdayaan SDM Komponen pendukung Untuk Penguatan Komponen Pendukung Pertahanan Negara bagi Satpol PP dan Linmas di Provinsi Maluku Utara yang diselenggarakan oleh Ditjen Pothan yang berlangsung selama 2 hari dihadiri oleh sbb :
– Kasubdit Sumber Daya ManusiaPendukung Pertahanan Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan Kol Arh Rochim Setiawan.
– Kemhan Prov Malut Kol Mar Rachmat.
– Sekda Kota Tte M. Tauhid Soleman.
– Kakesbangpol Kota Tte Abdullah Sadik.
– Mewakili Danlanal Tte (Palaksa) Letkol Laut (PM) Kusnadi.
– Mewakili Danrem 152/Bbl (Pasi Puan Ter Rem 152/Bbl) Mayor Inf Setyo Adi Wibowo.
– Mewakili Dandim 1501/Tte (Kasdim 1501/Tte) Mayor Inf Anton Santoni.
– Kasatpol PP Prov Malut Rahmat DJ.
– Satpol PP Kota Tte Mahbud.
– para peserta Satpol PP dan Linmas yg berjlh 100 orng.
Kegiatan ini bertujuan utk memberikan pengetahuan bagi satpol PP dan linmas agar dapat menyamakan satu persefsi dlm setiap laporan utk menangkal ancaman yg ada di wilayahnya. (Penrem 152).
Autentifikasi Nomor : B/109-PEN/X/2019
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *