Kepala Biro Pemberitaan DPR RI: Kemitraaan Media Internal Dengan KWP Sangat Penting

  • Whatsapp

Malang— Kepala Biro Pemberitaan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Indra Pahlevi menegaskan, kolaborasi antara DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) sebagai supporting system DPR RI sangat penting. Menurut Indra, kemitraan antara media internal DPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KW,) sangat diperlukan melaksanakan tugas menyiarkan informasi, terkait kegiatan kedewanan di media massa.

“Mengingat, media dapat menjembatani informasi, antara Anggota Dewan dengan konstituennya. Media massa juga dapat menjadi wadah, untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap informasi, serta penyalur berbagai pesan dan aspirasi rakyat,” ujar Indra dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan tema ‘Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata’ di Malang, Jawa Timur, Jumat, (9/6/2023).

Dikatakan, Forum Komunikasi dan Sosialisasi menjadi salah satu upaya memperkuat sinergi antara DPR RI dengan wartawan media massa, demi tercapainya pengarusutamaan informasi kedewanan ke tengah masyarakat. “Selain itu, diadakan juga diskusi. Tema diskusi malam ini selaras dengan tema besar acara kita, yakni bagaimana parlemen bersama media dapat berperan aktif dalam mendorong ekonomi lokal lewat sektor UMKM dan pariwisata,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai lembaga legislatif, DPR RI memiliki tugas mengawasi mitranya, yakni pemerintah, dalam mendorong kesejahteraan seluruh masyarakat, di seluruh sektor ekonomi dan seluruh lapisan masyarakat. DPR RI juga aktif menyampaikan aspirasi masyarakat berkaitan dengan memajukan UMKM dan bisnis pariwisata lokal, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal ini penting untuk disampaikan pada khalayak.

“Ditengah upaya positif dan kegiatan kedewanan yang langsung menyentuh masyarakat, ataupun gagasan para legislator dalam memajukan sektor ini, tentu perlu digaungkan oleh teman-teman media agar diketahui publik luas,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Suprihartini menegaskan, kolaborasi antara DPR RI dengan media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata di suatu daerah sangat penting. Menurut Suprihartini, kolaborasi yang dilakukan DPR, media, dan pemerintah daerah ini bersifat timbal balik dan saling menyokong satu sama lain.

“Beragam cara kolaborasi dapat dilakukan. Pertama, parlemen memiliki tugas menampung aspirasi dari masyarakat. Selain bertemu dengan masyarakat, DPR RI pun juga mendapatkan tambahan aspirasi dari berita teman-teman media, yang mengabarkan secara riil kondisi di lapangan. Tentu peran media memberitakan kebutuhan masyarakat untuk mendorong ekonominya sangat krusial disitu,” jelas Suorihartini

Menurut Suprihartini, kolaborasi yang dilakukan juga selaras dengan fungsi parlemen, sebagai pengawas jalannya pemerintahan. Berbagai aspirasi yang ditampung, akan jadi acuan DPR RI mendorong kerja pemerintah agar lebih baik lagi. Seperti, lebih mampu mendorong sektor UMKM, dan pariwisata lokal. Supaya seluruh sektor itu bergerak bagi kesejahteraan rakyat.

“Lewat kerja-kerja pengawasan tersebut, alangkah baiknya publik dapat mengetahui seluas-luasnya kinerja kedewanan itu. Peran media sekali lagi krusial, memberitakan kerja-kerja lembaga parlemen ini, selain diketahui publik juga menjadi pelecut kerja pemerintahan kita,”tuturnya.

Dikatakan, berbagai fungsi DPR RI tidak bisa maksimal jika dilakukan sendirian. Fungsi media membantu menjalankan berbagai fungsi kedewanan. “Rekan-rekan media juga dapat jadi supporting system bagi DPR RI, dengan mendorong pemberitaan kinerja kedewanan ke tengah publik,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI merupakan kolaborasi antara Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP). (ar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait