Kepiawaian Guru SMP 3 Situbondo Memainkan Gamelan Saat Komsos Kreatif di Kodim 0823

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Alunan musik gending serta gamelan syahdu yang dimainkan oleh para guru – guru Sekolah SMP 3 Situbondo saat pembukaan Komsos Kreatif di Aula Makodim 0823 Situbondo. Selasa (20/08/2019).

Para Bapak dan Ibu Guru yang biasa berada didepan papan tulis dalam mengajar siswa – siswanya. Tak terlihat canggung para guru dengan piawai memainkan alat musik gamelan ditambah dengan suara gendang hasil permainan dari salah satu Siswa SMP menjadikan tampilnya seni karawitan memukau setiap undangan yang hadir.

“Saat ini dibeberapa negara maju, Gamelan menjadi kurikulum sekolah, untuk kami pendidik SMP 3 Situbondo ingin turut melestarikan warisan budaya bangsa dan mengenalkannya terhadap anak didik,”Kata kepala sekolah SMP 3 Drs. Pujianto, M.Pd, sembari berharap akan banyak tampil di tempat lainnya di Situbondo.

Sementara Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa S.E.,M.I.,Pol kepada awak media menjelaskan, bahwa ini salah satu cara memupuk rasa cinta Tanah Air dengan memberikan wawasan kebangsaan sejak dini kepada generasi muda.

”Komsos kreatif ini merupakan program tahunan TNI AD, dan kegiatan ini merupakan salah satu untuk mengangkat kesenian tradisional yang mulai hilang di telan zaman, serta saya harap situbondo sendiri yg mempunyai tari Landung, bisa di tampilkan nanti pada kunjungan presiden RI ke Situbondo saat Latgab,”Ujar Juni Toa.

Dalam Komsos kreatif tersebut sengaja di tampilkan tari dan diujung acara juga diberikan hadiah cindera mata, sebagai bentuk kepedulian Kodim Terhadap kesenian tradisional.

“Sengaja kita pilih tari remo dalam acara hari ini itupun tak lepas dari hasil musyawarah dengan beberapa maestro tari di situbondo, karena tari remo merupakan ikon tari Jawa timur, dengan tujuan meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa bernegara dalam menjaga NKRI,”Tandasnya.(*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *