Ketahui SWIFT Code BRI dan Manfaatnya saat Mentransfer Uang

  • Whatsapp

Sumber foto: https://unsplash.com/photos/dAmHWsRYP9c

Apakah Anda ingin mentransfer uang ke Indonesia, ketika sedang merantau di Hongkong, Riyadh, atau kota-kota lain di luar negeri? Saat ini, pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri sudah bisa melalui aplikasi Flip. Namun dengan catatan harus mengetahui SWIFT code, dan bila menggunakan Bank BRI maka yang dihafal adalah SWIFT code BRI. Berikut ini pengertian dan manfaatnya dalam transaksi internasional.

  1. Arti SWIFT Code

SWIFT code adalah kode khusus yang harus ditulis saat akan melakukan transaksi lintas negara. Jika Anda ingin mengirim uang ke Singapura, misalnya. Maka wajib mengetahui SWIFT code bank, karena nanti akan disematkan sebelum nomor rekening bank tujuan. Oleh karena itu SWIFT code ini harus dihafalkan baik-baik, karena jika tidak tertera, transaksi akan terancam batal.

Nasabah BRI wajib mengetahui SWIFT code BRI yaitu BRINIDJA. Akan tetapi kode itu hanya untuk wilayah DKI Jakarta. Untuk kota lain kodenya ditambah dengan angka. Misalnya di Ambon, SWIFT codenya adalah BRINDJA001, dan di Surabaya BRINIDJA328. Sedangkan di Malang kodenya adalah BRINIDJA051 dan di Padang BRINIDJA058. Untuk mengetahui SWIFT code lain maka datang saja ke kantor bank terdekat.

  1. SWIFT Code Membuat Transaksi Makin Mudah

Sistem perbankan di beda negara tentu beda aturannya. Dengan adanya SWIFT code maka transfer akan sampai dengan selamat, karena ada identifikasi langsung ke kantor cabang bank yang dituju. Dengan identifikasi maka dipastikan uang akan sampai dengan cepat dan bisa dimanfaatkan oleh penerimanya.

  1. SWIFT Code Melancarkan Bisnis dan Transaksi Internasional

Tidak semua pengusaha ekspor impor atau bidang lain memiliki tabungan dollar. Oleh karena itu, dengan menggunakan SWIFT code maka transaksi akan lancar, karena karena uang rupiah bisa dikirim ke bank di luar negeri, dan di sana dirupakan dollar atau mata uang lain yang berlaku di negaranya. Anda tidak perlu menukarkan rupiah ke dollar Amerika atau mata uang asing lain, karena langsung ditukar oleh 2 bank tersebut. Untuk melancarkan transaksi maka uang yang ditransfer sudah ada di dalam rekening bank, bukan masih dalam bentuk tunai.

Selain itu, jika Anda hobi belanja di marketplace internasional, maka bisa menggunakan SWIFT code, karena tidak usah mentransfer dalam bentuk dollar. Namun gunakan saja rupiah yang ada di dalam rekening. Pastikan kursnya akurat karena kurs tukar rupiah berbeda-beda tiap harinya.

  1. Flip Mempermudah Transaksi Internasional

Anda pernah mendengar tentang aplikasi Flip? Aplikasi ini sangat viral karena memudahkan banyak orang saat mentransfer uang ke berbagai rekening bank, tanpa ada tambahan biaya. Jika sekali transaksi sudah hemat 6.500 rupiah, maka seorang pengusaha atau pembelanja online akan hemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah, berkat jasa aplikasi Flip.

Aplikasi Flip tidak hanya bisa mentransfer uang ke dalam negeri, tetapi juga ke rekening di luar negeri. Dengan Flip Globe maka Anda bisa mengirim uang ke lebih dari 40 negara di dunia, seperti Hongkong, Prancis, Singapura, dll. Uang akan sampai di hari yang sama atau maksimal sehari setelahnya.

Mentransfer dana via Flip Globe juga mudah karena tinggal membuka aplikasinya. Dengan bermodal HP  dan menghafal SWIFT Code BRI (untuk nasabahnya) maka Anda bisa mengirimkan uang ke luar negeri, tanpa harus keluar rumah. Pastikan Flip ada di smartphone karena manfaatnya banyak sekali, khususnya untuk melancarkan transaksi internasional.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait