Ketua ISORI Pijay Berharap Sekolah Daerah Zona Hijau Bisa Aktif Kembali

  • Whatsapp

PIJAY ACEH_beritalima.com I Ketua Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) Kabupaten Pidie Jaya, Teuku Mukhlish, MPd, berharap kepada pemangku kepentingan, baik di pusat maupun di daerah agar kembali mengaktifkan sekolah seperti biasa yaitu siswa belajar secara tatap muka pada di daerah-daerah zona hijau, mengingat kondisi terakhir terkait pandemi Covid-19 khususnya di Aceh terbilang aman, hal itu disampaikan Mukhlis pada media ini pada Senin, (01/06/2020).

“Hal ini tidak bertentangan karena pemerintah pusat sendiri melalui gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 memberikan kewenangan kepada 102 kabupaten/kota di Indonesia dan 14 diantaranya adalah kabupayen/kota di Provinsi Aceh pada saat ini berada atau dinyatakan dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19”, “sebut Ketua ISORI”.

Dikatakan, 14 kabupaten/kota di Aceh sudah ada surat edaran dari bupati tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran saat satuan pendidikan beroperasi. Surat edaran ini menjadi kekuatan hukum bagi sekolah untuk melaksanakan kembali proses belajar tatap muka di sekolah apalagi sudah diperkuat oleh kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada 102 pemerintah kabupaten/kota yang saat ini berada dalam zona hijau.

Hal lain juga disebabkan proses pembelajaran dimasa Pandemi Covid- 19 ini tidak bisa menjeneralisasi kondisi kondisi dikota besar dengan kabupaten kabupaten yang ada di Aceh, selama pembelajaran Daring siswa justru banyak ditemukan berkeluyuran diluar seperti di warkop yang memiliki fasilitas wifi, kendala yang paling banyak ditemukan ada pada siswa dan orang tua siswa, tidak semua wali siswa mampu memenuhi kuota internet. Sehingga pembelajaran daring tidak efektif, “ujarnya.

Oleh karena itu kami mengharapkan kepada satuan pendidikan untuk dapat mengeksekusi surat edaran bupati seperti yang dilakukan oleh satuan pendidikan di Kota Subulussalam, tinggal saja satuan-satuan pendidikan menerapkan protokol penanganan dan pencegahan covid-19 di sekolah, seperti menyediakan dan melengkapi alat-alat pencegahan sesuai protokol kesehatan.

“Satuan-satuan pendidikan juga bisa menerapkan banyak skenario dalam penerapan New Normal di sekolah, diantaranya seperti penerapan shift sesuai dengan jumlah kelas. Ini ikhtiar yang sangat maksimal yang bisa dilakukan dimasa darurat Covid-19 ini. Kebijkan ini akan mngembalikan kualitas belajar siswa,” ucapnya.

Disamping sistem shift tadi satuan satuan pendidikan mensiasati dengan diberi jeda masuk, jadi masuk dan pulang siswa tidak bersamaan sehingga siswa tidak tertumpu atau terkonsentrasi dalam jumlah banyak di sekolah dalam waktu yang bersamaan.

Dalam proses belajar mengajar diatur tempat duduk dengan menjaga jarak. Minimal berjarak 1 meter, siswa memakai kursi dan meja yang tetap dan dikasih merek atau nomor untuk menghindari pertukaran. Siswa tidak dibenarkan saling pinjam alat pembelajaran secara bergantian. Mereka tidak boleh saling pinjam dan harus menggunakan peralatannya sendiri.

“Karena waktu belajar yang terbatas, tidak ada waktu keluar main, kegiatan ekstrakurikuler juga tidak ada untuk sementara waktu. Fungsi UKS nantinya harus lebih ditingkatkan terutama dalam pencegahan Covid 19,” sambung Mukhlish.

Begitu juga dengan skenario lain, satuan- satuan pendidikan bisa bekerja sama dengan perangkat gampong untuk membentuk kelompok-kelompok belajar di gampong gampong dengan memanfaatkan fasilitas- fasilitas umum seperti mesjid atau meunasah- meunasah, kepala satuan pendidikan tinggal menugaskan guru guru.

Ia menambahkan, kondisi sekarang ini melahirkan kejenuhan bagi siswa dan persoalan besar bagi orang tua dan permasalahan ini dapat dikategorikan tragedi bagi dunia pendidikan. Jadi kami fikir tidak bijak rasanya ketika persoalan ini kita abaikan.

“Mari kita sama-sama melihat permasalahan ini secara holistik atau menyeluruh apalagi berkaitan dengan psikologis siswa, kita dianggap tidak peka dengan kondisi dan kebutuhan mereka, “ajak Mukhlis”. (Teuku Muhammad)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait