Ketua Yayasan UWKS Bekali Kelulusan Mahasiswa Lewat Karya Lagu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menggelar yudisium semester gasal 2020/2021, Rabu (7/4/2021). Dalam rangkaian yudisium itu, Ketua Yayasan Wijaya Kusuma memberikan nasehat kepada para yudisiawan melalui 7 lagu ciptaannya.

Tujuh lagu yang dirilis di acara yudisium itu terbingkai dalam Album “Lestari Bestarinya Kehidupan”. Judul-judulnya, Sunatulloh, Mau Mampu Maju, Urip iku Urup, Mutiara Kehidupan, Jamu Jati Kendi, Keji Beling, dan yang terakhir Sirolah, Datolah, Sipatolah.

“Mahasiswa UWKS harus tanggap terhadap perubahan dan senantiasa Jamu Jati Kendi, yang artinya jaga mulut, jaga hati, dan kendali diri,” terang Ketua Yayasan Wijaya Kusuma, Drs. Soejadmiko, MM. “Selain itu juga harus
melestarikan alam dan memanusiakan manusia di manapun berada,” lanjut pria kelahiran Banyuwangi tahun 1942 ini.

Lagu-lagu yang telah diaransemen apik itu dibawakan oleh Fajar, Mahasiswa UWKS yang memiliki potensi vocal cukup bagus. Bahkan ada juga yang sudah dikemas dalam video klip disutradarai oleh Jarmani, S.Pd., M.Pd, Dosen Fakultas Bahasa dan Sains UWKS.

Sebanyak 67 yudisiawan dan para dekan serta dosen yang hadir sangat antusias menyimak pesan yang disampaikan Soedjadmiko lewat lagu-lagu yang diantaranya menggunakan Bahasa Arab dan Jawa itu.

Petikan lirik lagu itu, “Rawat kejibeling panorama insan peduli tanaman//
Amanah agar manusia peduli sesama penghuni semesta// Berbagi sesama ciptaan Tuhan yang dicintainya// Kejibeling memang keluhuran jiwa berbenah lingkungan, demi hari esok”.

Soedjatmiko menjelaskan, Keji Beling artinya keluhuran jiwa berbenah lingkungan, yang mengajarkan manusia peduli kepada alam, manusia, dan sesama ciptaan Tuhan.

Juga, “Jangan … jangan kau biarkan
hidup berlalu tanpa makna// Pancarkan … kartikamu memanusiakan manusia// Tabur …. laku sabar, sederhana, penuh syukur
menuai bahagia …. untuk berbagi pada sesama …. itulah mutiara kehidupan”.

“Petikan lagu Mutiara Kehidupan tersebut mengajarkan mahasiswa senantiasa bermanfaat bagi sesama terutama selepas menimba ilmu di UWKS,” ungkap Fajar ikut menerangkan.

Kepala BAKH UWKS, Andi Aruji, mengatakan, yudisium ini diikuti 67 mahasiswa Fakultas Hukum. Mereka, 64 lulus S1 dan 3 lulus S2, akan diwisuda bersama lulusan fakultas lain pada Sabtu (10/4/2021). (Ganefo)

Teks Foto: Ketua Yayasan Wijaya Kusuma, Drs. Soejadmiko, MM, saat menjelaskan lagu-lagu karyanya di acara yudisium mahasiswa Fakultas Hukum UWKS, Rabu (7/4/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait