KKB Tembak Lima Warga, Empat Orang Meninggal Dunia

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Pukul 11.05 WIT, bertempat di Kampung Bingky, Kabupaten Yahukimo Papua telah terjadi kasus penembakan dan penyanderaan terhadap warga sipil (tukang bangunan) yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), Jumat (25/06).

Berdasarkan keterangan saksi an. DK mengatakan, Karyawan PT Sinama melakukan aktifitas setiap hari dalam hal ini pembangunan Proyek Jembatan Kali Kuk Kampung Samboga Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo.

Pukul 11.05 WIT, korban an. Saiful yang merupakan Supir (karyawan) pada PT Sinama bersama karyawan lainnya menggunakan Mobil R4 (truk) sedang mengambil matrial proyek berupa batu ciping (batu olahan) dari Camp Kali Kuk kampung Samboga dengan tujuan PT. Berantas Kampung Sukamo dengan melewati jembatan Kali I kampung Samboga Distrik Seradala.

Saat melintas jembatan Kali I (ret pertama) dalam mengangkut matrial dari PT Berantas bersama 3 Truk lainnya belum ada kelompok KKB, kemudian Sopir kembali melewati jembatan kali I (Ret kedua) mengangkut matrial dari PT Berantas dimana korban dengan menggunakan R4 truk berada pada posisi belakang.

Sesudah melintas jembatan kali I, dari Camp kali Kuk (tempat kerja) korban dihadang oleh kelompok KKB Kali I dengan jumlah 30 orang dengan menggunakan alat tajam berupa anak panah, kampak, parang, samurai, dan dua orang dari kelompok tersebut membawa 2 pucuk senjata api laras panjang, selanjutnya terdengar dari pimpinan kelompok tersebut mengatakan bahwa “Laksanakan Operasi dan Periksa mereka”.

Korban kemudian mundur ke belakang untuk memutar kembali ke arah Camp kali Kuk bersamaan dengan bunyi tembakan laras panjang dari arah depan korban yang mengakibatkan kaca depan retak tembus kebelakang akibat terkena proyektil senjata api tersebut. Atas kejadian tersebut, korban kembali arah tempat bekerja bertempat di Camp PT. Seremony kali Kuk Kampung Bingki untuk berkumpul bersama karyawan dan masyarakat Kampung Bingki.

Pukul 15.50 WIT, personel Polres Yahukimo mendapatkan informasi melalui Via telpon dari sdr. AD bahwa telah terjadi penembakan terhadap masyarakat Bingky an. Obaja Nang yang dilakukan oleh KKB.

Pukul 16.05 WIT, mendapat informasi tersebut Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H berkoordinasi dengan Dandim 1715/Yahukimo Letkol inf. Christian F.R. Ireuuw, A.md guna mengambil langkah penanganan terkait kasus penembakan tersebut.

Identitas Korban-korban meninggal dunia, Suardi, Sudarto, Idin,Saiful dan korban luka-luka, Obaja Nang umur 35 tahun, Laki-laki, alamat Kampung Bingky Distrik Seradala, Kabupeten Yahukimo (luka tembak pada bagian paha). Empat orang di sandera, masih melakukan pengecekan dari pihak keamanan.

Pihak kepolisian melakukan Penyelidikan dan penyidikan, berkordinasi dengan pihak-pihak, langsung datangi TKP dan evakuasi Korban, meminta keterangan saksi-saksi, melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH mengatakan dalam kasus ini 4 orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka. Untuk korban luka telah dibawa oleh masyarakat guna mendapatkan perawatan medis. Sementara untuk 4 orang yang disandera oleh KKB masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

“Saat iniTim gabungan TNI Polri telah berangkat menuju ke TKP untuk melakukan olah TKP dan mengevakuasi korban”, kata Kamal.

Pelaku diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Tendius Gwijangge alias tendinus Murib. Saat ini personel gabungan masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata.

(Timika/lasatia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait