KNPI Bireuen dan Disporapar Peringati Hari Sumpah Pemuda di Monumen Radio Rimba Raya

  • Whatsapp

BIREUEN ACEH_ beritalima.com I Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tanggal 28 Oktober 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang digagas oleh DPD KNPI Bireuen tahun ini dirangkai dengan kegiatan gowes bersama dari Pendopo Bupati Bireuen menuju ke Monumen Radio Perjuangan Rimba Raya di Kabupaten Bener Meriar.

Kegiatan gowes bersama yang diikuti oleh pengurus KNPI, pegawai Disporapar dan komunitas bersepeda dilepas oleh Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf Zainal Abidin Rambe di Pendopo Bupati Bireuen Bireuen, Rabu pagi (28/10/2020.

Turut hadir Anggota DPR RI dari Aceh, Muslim, SH.I., MM. dalam acara puncak di Monumen Radio Perjuangan Rimba Raya dan mengatakan dalam sambutannya bahwa Radio Rimba Raya dan Kota Juang Bireuen sangat berjasa terhadap Republik Indonesia dalam menghadapi Agresi Militer Belanda kedua.

Dikatakan Muslim, Momentum Sumpah Pemuda, di tugu Radio Perjuangan Rimba Raya sangat berjasa untuk republik tercinta ini, disinilah menyuarakan eksistensi Indonesia kepada dunia luar bahwa Indonesia masih ada dan Soekarno masih hidup, demikian juga dengan Kota Juang Bireuen, Bung Karno pernah melakukan konsolidasi selama 10 hari dalam menghadapi agresi militer Belanda ke II.

Amatan media ini dalam acara tersebut turut dihadiri Anggota DPRK Bireuen, Zulfikar Apayub, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kabupaten Bireuen, Muhammad Al Muttaqin M.Pd, Kepala BKPSDM kabupaten Bireuen Mawardi, S.STP., M.Si, Asisten II Setdakab Bener Meriah Abdul Muis, Staf Ahli Bupati Bener Meriah Abdul Kadir, Plt Kadis Lingkungan Hidup, Fitra Gunawan AP, Kadis Pertanian, Nurisman, anggota DPRK Bener Meriah Safri Gumara, Kabag Humas Protokol Setdakab Bener Meriah Hasyimi, Ketua KNPI Kabupaten Bener Meriah Fajarsyah Putra, Ketua KNPI Bireuen, Asnawi My TSA, S.Sos, Ketua Karang Taruna Bireuen, Komunitas Sepeda Kabupaten Bireuen serta Forkopimcam Pintu Rime Gayo.

Suasana pun hening ketika penyair nasional yang juga jurnalis Serambi Indonesia, Fikar W Eda, tampil membacakan puisi tentang Radio Rimba Raya penuh semangat perjuangan dengan kata-kata lantang yang berulang-ulang “Ketika Jogja dikuasai Belanda dan Radio Batavia angkat suara bahwa Indonesia sudah tiada, dari Radia Rimba Raya inilah disiarkan dengan 5 bahasa bahwa Indonesia masih ada dan Soekarno masih hidup”

Sebelumnya Kadisporapar Bieruen menyampaikan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 semoga kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi pemuda-pemudi Bireuen khususnya untuk bersatu dan bangkit bangun negeri, bangun bangsa karena pemuda maju Indonesia akan hebat.

Al-Muttaqin juga mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh KNPI Bireuen ini, semoga kegiatan seperti ini dapat mempererat silaturrahmi.

Sementara kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah, S.STP, M.SP dalam sambutannya bangga dan mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang dilaksanakan oleh KNPI dan Disporapar Bireuen dilaksanakan di Tugu Radio Perjuangan Rimba Raya, tentunya kami berharap kegiatan hari ini merupakan langkah awal untuk menjalin silaturahmi yang erat dengan kami disini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Radio Rimba Raya milik TNI Divisi X Bireuen bermarkas di Kota Juang Bireuen dipancarkan ke seluruh dunia pada 22 Desember 1948 dalam enam bahasa, Indonesia, Inggris, Belanda, Arab, Urdu dan bahasa Cina mendapat tanggapan PBB dan masyarakat dunia sudah  mengetahui Indonesia sudah merdeka pada 17 Agustus 1945. (Teuku Muhammad)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait