Kodim Bangkalan Kembali Realisasi Bangun Jamban Warga Ketetang Kwanyar

  • Whatsapp

Bangkalan,- Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kodim 0829/Bangkalan melalui Koramil jajarannya, melaksanakan kegiatan program Jambanisasi ( Sanitasi ). Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di seluruh Kabupaten Bangkalan. Sabtu 4 Juni 2016.

 

Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” terang Dandim.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 05/Kwanyar bersama dengan warga masyarakat, Serda Wahyudi  dan Kopda Sapto Widodo memimpin pelaksanaan pembuatan jamban di rumah warga M.Soleh (50) warga Desa Ketetang Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik warga, seorang warga yang belum memiliki jamban.

 

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, M.Soleh dan warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sembarang tempat. Sehingga dengan kebiasaan tersebut menciptakan lingkungan yang kurang sehat.

 

“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata M.Soleh dengan mata berbinar”, tuturnya

 

Sementara itu, menurut Danramil 05/Kwanyar Kapten Inf Mediono, menyatakan bahwa, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk wilayah ini masih banyak.“Menurut laporan dari Babinsa yang belum memiliki jamban di wilayah Koramil 05/Kwanyar masih membutuhkan belsan unit,” ungkap Kapten Inf Mediono.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *