Komitmen Jadikan Gresik Gudangnya Atlet, Bupati Gresik Beri Reward 9,2 Miliar untuk Peraih Medali di Porprov Jatim 2023

  • Whatsapp
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) saat memberikan reward secara simbolik kepada para atlet saat acara penghargaan di di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada Rabu sore, (27/03/2024). (Moh Khoiron)

GRESIK,beritalima.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memberikan penghargaan berupa reward kepada 379 atlet sebesar 9,2 Miliar yang turut mengharumkan nama Kabupaten Gresik di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023.

Tidak hanya atlet, para official dan panitia pelaksana juga turut mendapatkan dana yang dikucurkan dari dana APBD melalui anggaran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) tersebut.

Penghargaan secara simbolik diberikan oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau yang akrab disapa Gus Yani didampingi Ketua KONI Gresik, dr Anis Ambiyo Putri dan Kadisparekrafbudpora Gresik, drg Saifudin Ghozali di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada Rabu sore, (27/03/2024).

Dalam sambutannya di hadapan para atlet, Gus Yani, menyampaikan, bahwa reward tersebut sebagai upaya penyemangati mereka untuk semakin intens berlatih sehingga meningkatkan prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Gresik.

Ia bertekad, Pemerintahannya akan terus mendukung penuh perkembangan olahraga, karena menurutnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya melalui pengembangan olahraga.

“Saya perpesan atlet itu punya durasi waktu, maka ketika mendapat reward jangan konsumtif, Reward ini harus digunakan sebaik- baiknya,” pesan Bupati dalam sambutannya.

Ia berharap dengan pengembangan olahraga di Kabupaten Gresik, dapat memberi arahan positif bagi pemuda agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, Gus Yani juga berinisitif ingin menjadikan Kabupaten Gresik sebagai gudangnya atlet. Untuk itu Ia terus menyiapkan penyediaan fasilitas yang memadai.

“Komitmen kami membangun olahraga di Gresik, melalu politik anggaran untuk memenuhi kebutuhan atlet dan sinergitas antara KONI, disparekrafbudpora. Kami punya impian bahwasanya Gresik menjadi gudangnya Atlet,” jelasnya.

Gus Yani juga berpesan kepada atlet untuk selalu disiplin berlatih. “Kedispilinan menjadi kunci kesuksesan,” pesannya.

Perlu diketahui, dalam ajang Porprov Jatim 2023 lalu, Kabupaten Gresik meraih peringkat 7 dari perolehan medali yang diadakan di Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang.

Kabupaten Gresik berhasil meraih 28 medali emas, 45 medali perak, dan 48 medali perunggu, dengan total poin sebanyak 250.

Sementara itu, Kadisparekrafbudpora Gresik, drg Saifudin Ghozali mengatakan, reward tersebut diberikan kepada atlet, official, dan panitia penyelanggara bersumber dari APBD, sebesar 9,2 Miliar.

Jumlah tersebut semakin meningkat tiap tahunnya. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gresik atas dukungannya tersebut.

“Kita terus berterima kasih kepada bapak Bupati karena terus mendorong reward ini,” ujarnya dalam sambutannya.

Pemberian reward tersebut, lanjut, Ghozali akan ditransfer atau dicairkan secara serempak pada hari ini (27/03/2024) kepada masing-masing atlet, Official dan panitai penyelenggara.

Adapun rincian rewardnya yakni, atlet peraih Medali emas mendapat uang 35 juta, atlet peraih medali perak mendapat uang 25 juta, sedangkan atlet peraih medali perunggu, mendapat uang 20 juta.

Sementara di momen yang sama, Ketua KONI Gresik, dr Anis Ambiyo Putri, Ia mengapersiasi kepada Pemkab Gresik yang peduli memberikan dukungan penuh kepada atlet di Kabupaten Gresik

“Reward Ini menunjukkan kabupaten Gresik semakin serius peduli terhadap perkembangan atlet. Saya berterima kasih kepada dinas terkait yang berkolaborasi kemajuan olahraga di Kabupaten Gresik,” ujarnya.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyediakan fasilitas dan lain sebagainya,” sambungnya.

Ia juga mengapresiasi 3 Cabang Olahraga (Cabor) yang memperoleh juara umum .yakni Cabor senam, arum jeram dan hoki.

Ia berharap diajang Porprov selanjutnya, Kabupaten Gresik bisa menembus peringkat 5 besar. ” Semoga di ajang selanjutnya, kita bisa mesuk 5 besar,”pungkasnya.(Adv/Moh Khoiron).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait