Korem 152/Babullah Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

  • Whatsapp
????????????????????????????????????

Ternate, 01/10/2016

Autentifikasi Nomor : B/032-PEN/IX/2016

KOREM 152/BABULLAH GELAR UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Ternate  (01/10),  Korem 152/Babullah  menyelenggarakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2016 bertempat di Lapangan Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila, sangat berkaitan erat dengan peristiwa G 30 S/PKI, dimana pada tanggal 30 September 1965 terjadi insiden yang merenggut nyawa enam Jenderal TNI-AD dan sekian banyak anak bangsa lainnya yang dibunuh oleh PKI secara kejam dan keji, sebagai kudeta dengan tujuan mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis, namun karena ampuh dan saktinya Pancasila, yang terpatri kokoh sebagai pemahaman dan keyakinan dalam diri setiap anak Bangsa Indonesia, maka upaya PKI pun gagal. Sebagai Prajurit dan PNS jajaran Korem 152/Babullah, yang juga sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan revolusi dalam melaksanakan tugas pokok mengawal Pancasila, serta memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kokohnya Pancasila sebagai dasar Falsafah Bangsa dan Negara Indonesia, dari rongrongan kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubahnya.

Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Sachono,S.H, M.Si bertindak selaku inspektur upacara serta Mayor Inf Amin Sahid selaku Danup. Upacara Hari Kesaktian Pancasila berjalan tertib, khidmat dan lancar. Dihadiri oleh Para Komandan/Kabalak Jajaran Korem 152/Babullah serta diikuti oleh 3 SSK Pasukan Upacara, dalam upacara tersebut dibacakan ikrar kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sebagai ikrar suci dan panggilan hati untuk mempertahankan keutuhan NKRI. Selain di Makorem sendiri upacara serupa pun dilaksanakan secara serentak di seluruh Kab/Kota di Malut yang dikordinasikan oleh Kodim jajaran serta  dilaksanakan juga doa bersama pada tanggal 30 malam untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi maupun korban-korban kekejaman PKI doa sendiri dilaksanakan dalam bentuk yasinan bagi anggota yang beragama muslim dan kebaktikan bagi yang beragama nasrani seperti halnya pelaksanaan upacara, kegiatan doa bersama pun serentak dilakukan seluruh satuan jajaran Korem 152/Bbl. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *