Krisis Oksigen, Bupati Karna Sidak Sejumlah Rumah Sakit di Situbondo

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat mengecek ketersediaan oksigen di rumah sakit. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan inspeksi mendadak (Sidak ) ke tempat penyimpanan tabung oksigen di sejumlah rumah sakit plat merah dan Puskesmas yang ada di Kota Santri, Sabtu (24/7/2021).

Tujuannya untuk menyuplai tabung oksigen untuk RSUD dr Abdoer Rahem yang mengalami kekurangan oksigen untuk pasien Covid-19.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini bahkan menjemput sendiri tabung oksigen yang tak terpakai di RSUD Besuki. Total ada 21 tabung oksigen yang dipinjam untuk memenuhi kebutuhan sementara di RSUD dr Abdoer Rahem.

“Hari ini terjadi kekurangan tabung oksigen karena ada keterlambatan pengiriman. Kita sisir sejumlah Puskesmas dan rumah sakit yang memiliki oksigen yang tak terpakai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUTR Kabupaten Lumajang ini mengungkapkan, hingga saat ini, RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo merawat 136 pasien Covid-19.

Akan tetapi, untuk kebutuhan tabung oksigen hanya tersisa tujuh tabung oksigen saja. Sehingga diprediksi hanya mampu bertahan sekitar dua jam.

“Kami bertindak cepat untuk mengantisipasi kejadian fatal. Setidaknya, tabung oksigen yang tak terpakai dialihkan sementara untuk memenuhi kebutuhan pasien di RSUD dr Abdoer Rahem hingga nanti malam,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, pasokan tabung oksigen diperkirakan akan tiba nanti malam.

“Sesuai informasi yang kami terima perbaikan armada sampai pukul 13.00 WIB. Kalau tidak ada hambatan nanti malam tabung oksigen sudah tiba. Dengan tabung yang sudah terkumpul saat ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pasien untuk 4 jam ke depan,” pungkasnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait